Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, 54 anak Ikuti Cukur Rambut Massal di Bangka Kota

SIMPANG RIMBA, FAKTABERITA — Sebanyak 54 orang anak antusias mengikuti tasmiyah massal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah, yang digelar di Masjid Nurul Fallah RT 1 Dusun 1 Desa Bangka Kota, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (28/9/2023).

Adapun tema dari kegiatan kali ini adalah”cukuran massal dalam rangka merayakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 12 rabiul awal 1445 H 28 september 2023.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh bapak ketua Masjid Nurul Falah Rosydi Mansur pukul 07.00 WIB dan di hadiri langsung oleh perangkat desa Jufri Armanda,tokoh-tokoh masyarakat,juga seluruh warga dari Desa Bangka Kota dari mulai anak-anak hingga para orang tua bahkan ada juga yang datang dari desa tetangga yang ingin melihat cucu -cucunya di Tasmiyah

Tampak dalam acara tersebut, puluhan orang tua terlihat menggendong anaknya untuk tasmiyah (potong rambut), dengan mengelilingi para tetua yang membacakan lantunan kitab Al Barzanji.

Semua anak secara bergiliran menjalani prosesi tasmiyah mulai dari potong rambut, tampung tawar dan lainnya.

Ketua masjid Rosyidi mansyur mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah digelar yakni berupa cukur rambut massal untuk bayi ini menurutnya, merupakan tradisi turun temurun masyarakat Melayu Bangka Kota memang diperuntukkan bagi para balita yang belum cukur rambut.

“Ini adalah kegiatan tasmiyah rutin diselenggarakan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, alhamdulillah tahun ini masyarakat lebih antusias semoga dengan cukuran Massal dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini,anak-anak kita menjadi anak-anak yang soleh dan solehah,dimurahkan rezekinya, dipanjangkan umurnya dan selamat dunia akhirat, aamiin ya robbal’alamin,” ucapnya.

Pada sesi cukur rambut, diselipkan doa-doa oleh orang yang dituakan atau ditokohkan, ditambah lantunan Marhaban menambah semaraknya acara.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meneladani maulid nabi Muhammad saw 1445 H menanamkan jiwa rasulullah di hati anak.

Selain itu,dalam pelaksanaan acara tasmiyah massal tersebut juga tak lepas dari kerjasama antara Pengurus Masjid Nurul Falah serta masyarakat sekitar bersama mensukseskan acara tersebut.

“Alhamdulillah kita berterima kasih kepada seluruh tamu serta masyarakat yang hadir dalam acara tasmiyah massal ini, begitupun dengan semua panitia yang terlibat dalam acara ini,” tukasnya Darwin.

Acara kegiatan ini sangat berjalan dengan lancar sekali sangat terlihat jelas di sini para orang tua menggendong anaknya berbaris dengan rapi untuk mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias penuh semangat sehingga acara dapat berjalan dengan lancar serta di tutup dengan do’a dan sesi foto bersama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *