40 Pokdarwis di Basel Ikut Pelatihan Kemanan dan Keselamatan dari DPKO

  • Whatsapp

BANGKA SELATAN, FABERTA — Sebanyak 40 orang dari Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) di delapan Kecamatan, se-Bangka Selatan mengikuti pelatihan Keamanan dan Keselamatan dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Kabupaten Bangka Selatan.

Pelatihan yang dilakukan di Hotel Grand Marina tersebut akan dilakukan selama tiga hari yang diisi oleh 6 narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan para peserta bisa memahami bagaimana memberikan kenyamanan, keamanan kepada pengunjung wisata.

“Jadi peserta disini dapat pelatihan dan ilmu yakni bagaimana pengelola wisata melayani kenyamanan, keamanan dan keselamatan para pengunjung wisatanya dari para narasumber yang kita sediakan, seperti BPBD Babel, Basarnas, Polres Basel, Akademisi, praktisi personal training dan dari Dinas Pariwisata sendiri,” jelas Hefi.

Selain itu, lanjut Hefi, pihaknya dalam hal ini juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pariwisata dan Polres Bangka Selatan dalam pengamanan di tempat-tempat wisata yang ada di Bangka Selatan.

“Karena ada berita dan laporan terkait adanya gangguan keamanan dan kenyamanan di tempat wisata kita belum lama ini, jadi kita dirikan Pos Jaga dan Portal dari Satpol PP Pariwisata di setiap pintu keluar masuk tempat wisata kita,” katanya.

Kendati demikian, pembatasan jam kunjungan juga akan dilakukan oleh pihak polisi pariwisata, termasuk patroli di kawasan destinasi wisata khususnya.

“Jadi kami juga membatasi jam kunjungan terutama di malam hari, jadi di jam-jam tertentu portal sudah ditutup tidak ada lagi masyarakat atau pengunjung di tempat wisata tersebut,” tandas Hefi.

Seperti yang diutarakan oleh salah satu peserta pelatihan, yakni Ketua Pokdarwis Batu Belimbing, Adi Sandra mengatakan kendala di tempat wisata yang ia kelola seperti adanya kenakalan remaja terutama di malam hari.

“Jadi di tempat wisata batu belimbing sering adanya anak-anak nongkrong sambil minum-minuman keras, bawa sajam. Nanti kedepannya kita akan berkoordinasi dengan pihak pengamanan Polisi Pariwisata dari Satpol PP Basel dan Polres Basel untuk menindaklanjuti hal tersebut,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *