65 Kantong Darah Dikumpulkan dari Masyarakat Sinarjaya Jelutung

  • Whatsapp
Puluhan masyarakat Sinarjaya Jelutung, Bangka mendonorkan darahnya, Minggu (28/2). (Foto : Sandy Sinaga)

SUNGAILAT, FAKTABERITA.CO.ID – Donor darah massal yang dilaksanakan di Kelurahan Sinarjaya Jelutung berhasil mengumpulkan sebanyak 65 kantong darah dari 77 orang pendaftar.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama serta dukungan dari para pemuda Kelurahan Sinarjaya Jelutung, PMI Bangka, Komunitas Pendonor Darah, BKPRMI Bangka serta Yayasan Aqada.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan di Warung Kopi Teguh, Minggu (28/2) ini bertujuan untuk menarik minat kaum pemuda agar berani mendonorkan darahnya. Terbukti, sejumlah orang pendonor pemula berhasil diajak untuk mendonorkan darahnya dalam aksi kepedulian masyarakat Sinarjaya Jelutung tersebut.

Ketua pelaksana kegiatan, Pahrizal menyampaikan selain memberikan bingkisan berupa vitamin tambahan bagi para pendonor, diberikan juga bingkisan berupa beras 5kg serta voucer kopi gratis bagi setiap pendonor. Bahkan, disediakan juga makan siang gratis berkat kekompakan serta dukungan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah sejumlah donatur memberikan bantuan yang digunakan untuk membeli bingkisan bagi pendonor. Selain itu masyarakat disini juga kompak untuk nganggung makanan untuk konsumsi para panitia dan peserta donor,” ujar Pahrizal.

Sekretaris Yayasan Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, Eryani menjelaskan kebutuhan akan darah di Kabupaten Bangka selalu banyak. Sehingga perlu adanya upaya untuk mengajak pendonor pemula agar aktif mendonorkan darahnya.

“Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini kami berupaya mengajak para pendonor pemula. Karena apabila kita telah mendonorkan darah, maka kita akan merasakan suatu kebahagiaan disaat bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan darah,” tutur Eryani.

Sementara itu, Ketua Umum BKPRMI Bangka Hari Subari menyampaikan kegiatan donor darah merupakan suatu tindakan yang mulia. Karena telah menyelamatkan nyawa orang lain serta menambah persaudaraan antara pendonor serta yang menerima donor.

“Tak perlu menunggu kaya untuk bersedekah, melalui donor darah ini juga merupakan sedekah yang sangat besar manfaatnya. Disamping tubuh kita menjadi sehat kita juga menyelamatkan orang lain,” ujar Hari.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari masyarakat Kelurahan Sinarjaya Jelutung. Dengan total masyarakat lima ribuan orang, kegiatan sosial seperti donor darah ini dapat menjadi wadah kepedulian sesama masyarakat.

“Kami berharap agar masyarakat Kelurahan Sinarjaya Jelutung ini dapat mengenal dan berani untuk mendonorkan darahnya. Semoga juga darah yang telah terkumpul dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Lurah Sinarjaya Jelutung, Dimas Julian.(Sandy Sinaga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *