86 Peserta Meriahkan Lomba di Festival Batik PaPaBay, Kepoin Yuk Juaranya

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Sebanyak 86 peserta ikut meramaikan lomba di acara Festival Batik 2023 yang diselenggarakan di Pasir Padi Bay selama dua hari, 28-29 Oktober 2023.

Ada setidaknya tiga perlombaan dengan berbagai kategori termasuk lomba baca puisi, lomba cerita rakyat dan perlombaan Fashion show dengan tema Batik kasual.

Pasir Padi Bay bekerja sama dengan event Organizer dari Rumah Pelangi Entertainment menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan potensi seni muda-mudi, memberikan kesempatan untuk peserta tampil dalam acara festival yang bernuansa ceria dan menyenangkan, sebagai bentuk dukungan agar para pemuda berbakat dan inspiratif dapat lebih semangat lagi untuk berkembang.

“Beginilah cara kami merayakan kekayaan budaya yaitu Batik dengan semangat Sumpah Pemuda,” ujar Jojo

Para Peserta lomba menampilkan performa terbaik mereka sesuai dengan bidang perlombaan yang diikuti. Penilaian bersifat adil dilakukan oleh para dewan juri yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Anak muda berbakat yang menyabet gelar juara berdasarkan jumlah skor tertinggi sesuai kriteria penilaian yang telah ditentukan.

Ketentuan penilaian lomba baca puisi dan cerita rakyat berdasarkan kualitas vokal, ekspresi dan bahasa tubuh, serta penghayatan dalam makna buah karya yang dibacakan.

Sedangkan untuk perlombaan Fashion show, dewan juri menilai cara berjalan, kesesuaian busana dengan tema dan penampilan peserta secara keseluruhan saat berada di panggung.
Selain dewan juri, para pengunjung Pasir Padi Bay pada hari perlombaan juga menjadi penilai relatif terhadap penampilan peserta.

Para penonton juga mengakui generasi muda yang tampil di panggung luar biasa bakatnya. Para dewan juri sempat kesulitan dalam menentukan pemenang karena selisih nilai yang cukup dekat dan penampilan dari setiap peserta yang memiliki khasnya masing-masing.

Festival Batik ini menjadi salah satu wadah para anak muda berbakat untuk menyalurkan hobi dan menampilkan kebolehannya di atas panggung.

Beberapa peserta mengakui bahwa kegiatan ini membantu mereka melatih mental dan menambah relasi sesama penikmat sastra. Melihat dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan dalam festival ini, penyelenggara dan peserta berharap acara semacam ini akan rutin diadakan kedepannya untuk menampilkan lebih banyak para anak-anak muda berbakat dan menginspirasi masyarakat agar bangga dengan Batik dan budaya kedaerahan Indonesia.

“Semoga dengan adanya event ini muda-mudi lebih mengenal batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia, dan pasir padi bay sebagai tempat rekereasi wisata tidak hanya konsisten memberikan pelayanan yang maksimal tapi juga menjadi wadah mendukung para talenta muda Bangka Belitung utuk terus berkarya.” Ucap Rafles manager marketing papabay.

Kegiatan ini di tutup dengan pembacaan lomba pemenang dan sesi foto bersama berikut nama pemenang kegiatan Batik Fest Papabay 2023:

Fashion Show
Claire Ariendita Pratisha – SD Budi Mulia
Nurul Sofiana – Sabrina Beauty Team
Efrianto – Rumah Pelangi Academy

Lomba Baca puisi
Langit Anindita – SD 10 Pangkalpinang
Lintang Kinasih – Pangkalpinang

Lomba bercerita Cerita Rakyat
Nafla Syakira Sandi – SDN 10 Sungailiat
Akifah Naylah – SMPN 2 Pangkalpinang

***

Penulis: Putri Rahmawati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *