Aktualisasikan Nilai Pancasila, Rudianto Tjen: Mari Gotong Royong Lawan Covid-19

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Rudianto Tjen saat menjadi pemantik diskusi dalam Webinar Nasional yang bertema "Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Memperkuat Semangat Berbangsa dan Bernegara" yang digelar oleh Pusat Kajian Pancasila dan Kebangsaan IAIN SAS Provinsi Bangka Belitung yang juga bekerja sama dengan Rudi Center dan Bank Sumsel Babel, Selasa (1/6/2021).

NASIONAL, FABERTA — Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan dasar negara Republik Indonesia. Kini, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Ir. Rudianto Tjen mengajak masyarakat menjadikan momentum tersebut agar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai semangat untuk gotong royong di dalam melawan pandemi Covid-19.

Menurutnya, salah satu upaya konkrit gotong royong ialah seluruh masyarakat kompak di dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan begitu, Rudi optimis, pandemi berkepanjangan saat ini akan segera berlalu.

“Mari kita berperan aktif membantu pemerintah dengan bekerja sama, sama-sama bekerja bergotong royong melawan pandemi Covid-19 sebagai bentuk implementasi dari nilai-nilai Pancasila sehingga pandemi saat ini benar-benar berakhir dan pulih sehingga kehidupan masyarakat kembali normal dan kita bisa beraktifitas seperti sedia kala,” katanya.

Hal tersebut disampaikan Rudi saat menjadi pemantik diskusi dalam Webinar Nasional yang bertema “Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Memperkuat Semangat Berbangsa dan Bernegara” yang digelar oleh Pusat Kajian Pancasila dan Kebangsaan IAIN SAS Provinsi Bangka Belitung yang juga bekerja sama dengan Rudi Center dan Bank Sumsel Babel, Selasa (1/6/2021).

Rudi menilai, Pandemi Covid-19 merupakan momen di mana rasa empati dan kepedulian sesama diuji. Menurutnya, meski dalam kondisi terpuruk bagaimana satu sama lain bisa saling membantu.

“Pandemi Covid-19 secara prinsip menguji persatuan dan kesatuan bangsa, rasa empati, peduli, solidaritas yang kuat terhadap sesama, dan spirit gotong royong dalam berjuang melawan Covid-19,” katanya.

Dalam seminar yang dilaksanakan secara virtual tersebut juga, Rudi membahas terkait persoalan maraknya hoax yang bersiliweran di tengah upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran Covid-19, yakni tentang vaksinasi yang berbahaya serta memiliki dampak negatif bagi masyarakat.

Oleh karenanya, Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan itu berharap setiap elemen, mulai dari tokoh agama, masyarakat maupun pemerintah untuk terus menyosisialisasikan bahwa vaksinasi adalah produk halal dan aman bagi masyarakat.

“Saya juga berharap kepada setiap tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan maupun pemerintahan hingga tingkat bawah agar ikut gotong royong mensosialisasikan bahwa upaya vaksinasi adalah untuk memutus rantai Covid-19, dan sekali saya tekankan bahwa vaksin itu halal dan aman,” ujarnya dalam webinar tersebut.

Selain Rudianto Tjen, Wakil Ketua MPR RI, DR. Ahmad Basarah juga turut menjadi Keynote Speaker dalam Webinar tersebut. Sementara narasumber diisi oleh legislator dari berbagai belahan Babel, seperti Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Abang Hertza, Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih, Ketua DPRD Bangka Tengah Me Hoa, Ketua DPRD Bangka Iskandar, Ketua DPRD Bangka Selatan Erwin Asmadi, Ketua DPRD Belitung Ansori, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzy Uktolseja. (Rais/Faberta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *