Alun-alun Kota Mesti Identik dengan Masjid, Dukung Pembangunannya

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, FABERTA – Keberadaan lapangan terbuka di jantung utama sebuah kota atau biasa disebut sebagai alun-alun, sudah sangat tepat bila disandingkan dengan hadirnya masjid. Karena itu, rencana akan berdirinya Masjid Agung Kubah Timah di seberang Alun-alun Taman Merdeka tepatnya di lahan eks Gudang Bulog, mesti terlaksana.

Hal demikian, dikatakan oleh Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Amir Tjhin atau Ahmad Amir, Rabu (15/9/2021), Dia menegaskan, Kota Pangkalpinang yang mayoritas penduduknya adalah muslim, mutlak ada bangunan masjid di jantung kotanya.

“Alun-alun di sebuah kota itu identik dengan masjid. Sebagai contoh, Alun-alun Bandung ada Masjid Raya Bandung. Lalu, di Alun-alun Utara Yogyakarta ada Masjid Gedhe Kauman, di Magelang alun-alunnya ada Masjid Agung Magelang. Itu contoh-conthnya dan masih banyak lagi,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut Amir kembali menegaskan, pembangunan Masjid Agung Kubah Timah yang rancangannya diarsiteki oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, sudah sangat tepat dengan akan hadirnya masjid di sekitar Alun-alun Taman Merdeka.

“Itu masjid representatif. Apalagi dengan ciri khas berkubah timah yang menjadi penanda Pulau Bangka ini,” imbuhnya.

Sebagai legislator, Amir mengatakan dia dan fraksinya mendukung penuh rencana pembangunan masjid itu. “Ini menjadi salah satu perhatian, di samping program penanggulangan banjir dan penanganan pandemi yang menjadi prioritas yang juga bisa berjalan beriringan. Kota Pangkalpinang mesti maju dan warganya mesti bertambah berbahagia,” tutur Ahmad Amir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *