Alur Drainase di Kolong Bakung Diperkuat untuk Atasi Banjir

FAKTA BERITA, BANGKA SELATAN — Genangan air di beberapa titik di Toboali terutama daerah Rawa Bangun, yang selalu mengalami banjir saat curah hujan yang tinggi, hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

 

Tim dari Pemkab Bangka Selatan, yang melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Sosial (Dinsos), serta Satpol PP, turun tangan untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak, Selasa (23/04/2024).

 

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengungkapkan bahwa Pemkab sudah melakukan penanganan dengan menurunkan Satpol PP langsung ke lokasi kejadian.

 

“Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas PU, Dinas Sosial, Satpol PP, Kecamatan Toboali bersama pihak terkait lainnya sudah melakukan penanganan di kawasan kolong bakung dan rawa bangun. Satpol PP dan Dinsos saat ini selalu dalam kondisi kita siagakan untuk membantu penanganan awal. Alhamdulillah teman-teman tim cukup sigap untuk hadir dan membantu di lokasi,” ungkap Riza Herdavid.

 

Tim Satpol PP terlibat dalam kegiatan penyedotan genangan, sementara Tim Dinsos melalui Tagana bertugas melakukan evakuasi barang dan peralatan yang terdampak.

 

“Dinas PUPR sendiri tahun ini akan melakukan pemasangan box saluran drainase di kawasan Kolong Bakung sehingga aliran air pada drainase di kawasan Kolong Bakung lebih lancar,” tambah Riza.

 

Plt. Kepala Dinas PUPR Bangka Selatan, Elfan Rulyadi, juga menjelaskan bahwa Dinas PUPR Basel sudah mengalokasikan kegiatan untuk potensi banjir dengan memelakukan pemiliharaan di beberapa titik.

 

 

“Dinas PUPR sendiri tahun ini mengalokasikan kegiatan untuk meminimalisir potensi banjir, utamanya di kawasan yang rentan seperti Kolong Bakung. Sementara di beberapa titik lainnya, dilakukan pemeliharaan.” Kata Elfan

 

Penanganan genangan air dan perbaikan infrastruktur drainase menjadi langkah strategis Pemkab Bangka Selatan dalam menghadapi potensi banjir di wilayah Toboali.

 

Riza Herdavid juga menghimbau kepada semua pihak diimbau untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada saluran-saluran drainase, guna mengurangi risiko genangan air yang dapat mengganggu aktivitas warga.

 

 

“Untuk itu, dihimbau kepada kita semua agar bersama menjaga kebersihan lingkungan, khususnya pada saluran-saluran drainase,” tegas Riza.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *