Awal Tahun 2025 Babel Akan Punya 2 Pelabuhan Baru

Ist

FAKTA BERITA, PANGKAL PINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan percepatan pembangunan infrastruktur maritim melalui proyek dua pelabuhan baru.

Pelabuhan Mantung di Belinyu dan Pelabuhan Bakit di Parittiga siap dibangun dengan dukungan anggaran Rp153 miliar dari Kementerian Perhubungan.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur pelabuhan di Bangka Belitung, dan dua pelabuhan baru ini adalah langkah strategis dalam mewujudkan visi ini,” kata Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Safrizal ZA.

Dengan estimasi waktu pembangunan selama 6 hingga 7 bulan, proyek ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2024 atau awal 2025.

“Pembangunan diharapkan dimulai dengan pemancangan atau peletakan batu pertama di bulan April,” ungkap Safrizal.

Fokus pembangunan pada tahap pertama adalah infrastruktur air, dengan alokasi anggaran Rp44 miliar, dengan rincian Rp25 miliar untuk Pelabuhan Mantung dan Rp19 miliar untuk Pelabuhan Bakit.

Dampak positif dari proyek ini meliputi penguatan konektivitas antarwilayah, penurunan ongkos transportasi, dan stabilisasi harga barang yang beredar di pasar.

“Konektivitas yang baik adalah kunci untuk memajukan perekonomian dan memperkuat integrasi antarwilayah,” tambah Safrizal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *