Babak Baru Kasus Tipikor DAK Dindik Basel, 2 Terdakwa Dituntut 5 Tahun 6 Bulan Penjara

  • Whatsapp

BASEL, FABERTA —  Dua terdakwa Ardyansyah alias Rian Gondrong dan Afriyansyah alias Jensen yang terjerat kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Sekolah Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Tahun Anggaran 2019 memasuki babak baru.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bangka Selatan menuntut dua orang terdakwa tersebut dengan pidana hukuman kurungan selama Lima Tahun Enam Bulan penjara

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Mayasari pada Kamis (22/7/2021) kemarin.

“Sesuai amar tuntutan yang dibacakan oleh JPU dalam sidang dana Dak 2019 Basel kemarin, saudara Rian dipidana badan 5 tahun dan 6 bulan penjara,” ungkap Mayasari, pada Kamis (22/7/2021) siang.

Meskipun begitu, kedua terdakwa  dikenakan denda masing-masing Rp.300.000.000,- dengan subsidair enam bulan kurungan serta keduanya dikenakan uang pengganti sebesar Rp. Rp.282.474.458,31.

“Kedua terdakwa ini sepakat menanggung secara bersama-sama uang pengganti atau dengan cara tanggung renteng, jadi bukan sendiri-sendiri,” ungkapnya.

Jika kedua terdakwa tidak bersedia membayar uang pengganti, Lanjut Mayasari, maka jaksa menyita harta benda terdakwa untuk dilelang.

“Dan apabila terdakwa tidak ada harta benda maka diganti dengan pidana penjara selama Dua Tahun Sembilan Bulan Kurungan Penjara dan Dua Tahun Sebelas Bulan Penjara untuk terdakwa Afriyansyah,” jelasnya.

Kendati sebelumnya, kedua terdakwa tersebut dituntut atas dugaan tindak pidana korupsi pada 36 kegiatan pembangunan dan rehabilitasi prasarana Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2019 dengan sumber dari dana DAK fisik yang diduga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 1 miliar lebih dari total anggaran sebesar Rp 6 miliar.(Manda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *