Baksos Operasi Katarak Wujud Cinta Rudi Center dan PDI-P ke Masyarakat Babel

para pasien operasi katarak gratis yang digelar Yayasan Rudi Center dan PDI Perjuangan Babel pada 6-8 Oktober 2023 di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang. Foto: Ist

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Bakti sosial operasi katarak gratis menjadi bukti nyata dan kecintaan Yayasan Rudi Center dan PDI Perjuangan (PDI-P) Bangka Belitung kepada masyarakat di daerah yang memiliki julukan Negeri Serumpun Sebalai tersebut.

Baksos tersebut diselenggarakan pada 6-8 Oktober 2023 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Kota Pangkalpinang. Sebanyak 259 lebih orang berhasil dilakukan tindakan operasi hingga sembuh dari katarak.

Wakil Bendahara Umum Bidang Internal DPP PDI Perjuangan, Ir. Rudianto Tjen mengungkapkan bahwa partai besutan Megawati Soekarnoputri itu merasa bahagia bisa terus melayani masyarakat.

Melalui baksos tersebut, Rudi berharap masyarakat terbebas dari katarak, sehingga gangguan tersebut tidak mengganggu aktivitas keseharian, khususnya tidak mengganggu mata pencaharian masyarakat itu sendiri.

“PDI Perjuangan bangga melayani rakyat, PDI Perjuangan bangga bisa berbuat nyata untuk masyarakat, kita merasakan apa kehendak masyarakat dimana gangguan penglihatan masyarakat ini sangat menggangu kehidupan dan kesejahteraan daripada keluarga, untuk itu PDI Perjuangan datang dan kita tampil, kita bantu masyarakat untuk operasi katarak,” kata Rudi Minggu (8/10/2023).

Rudi menambahkan, baksos tersebut juga telah berjalan sejak 2012 silam. Ribuan warga dinilai telah mendapatkan manfaat dari baksos yang diinisiasi oleh anggota DPR RI Dapil Babel, Rudianto Tjen tersebut.

“Operasi katarak gratis ini sudah kita lakukan selama belasan tahun, jadi setiap tahun kita adakan operasi katarak massal secara gratis untuk masyarakat Bangka Belitung,” kata Rudianto Tjen.

Rudi juga menjelaskan bahwa kerja nyata PDI Perjuangan dan Rudi Center tidak hanya terfokus pada baksos operasi katarak gratis. Akan tetapi baksos lainnya rutin dijalankan, seperti cek kesehatan keliling dari desa ke desa, bedah rumah warga yang tak layak huni, beasiswa untuk siswa tak mampu, dan lainnya.

“Bakti sosial PDI Perjuangan terus berjalan dari desa ke desa, tim dokter kita yang datang ke desa-desa untuk melayani kesehatan-kesehatan yang ringan, kalau yang berat tentu saja tim dokter kita rujukkan ke rumah sakit umum daerah,” ungkap Rudi.

Tak lupa, Rudi juga turut menyampaikan terima kasih kepada pihak RSUD Depati Hamzah yang telah mensupport bakti sosial yang ditujukan untuk masyarakat kali ini.

Serta para tenaga kesehatan yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, relawan Rudi Center maupun kader PDIP yang telah totalitas agar baksos tersebut berjalan lancar dan sukses.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini. Kita semua berharap bakti sosial ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bangka Belitung,” kata Rudi.

Di lain sisi, Ketua DPD PDI-P Babel, Didit Srigusjaya mengharapkan baksos operasi katarak kali ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

Didit menegaskan bahwa kegiatan sosial ini merupakan program PDIP yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Bukan semata-mata menjelang pemilihan umum 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan kegiatan ini besar manfaatnya untuk masyarakat, dan kami mohon didoakan semoga tahun 2024 kami bisa melaksanakan kegiatan seperti ini kembali atas doa dan dukungan masyarakat Bangka Belitung,” pungkas Didit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *