Bank Indonesia Berencana Naikkan Suku Bunga Acuan di Akhir 2022

Ilustrasi Bank Indonesia (istimewa)

NASIONAL, FABERTA — Bank Indonesia (BI) membuka peluang bakal menaikkan suku bunga acuan pada akhir tahun 2022. Upaya itu sebagai bentuk kebijakan yang akan difokuskan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kenaikan suku bunga kemungkinan baru kami lakukan di penghujung akhir tahun depan,” Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Rapat Kerja (Raker) bersama dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (30/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, suku bunga kebijakan sudah diturunkan enam kali sejak tahun 2020 sebesar 150 basis poin menjadi 3,50 persen atau terendah dalam sejarah. Sedangkan di tahun depan kebijakan-kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar, serta inklusi keuangan tetap akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, kata Perry, BI juga akan mengkalibrasi kembali kebijakan moneter dengan terus melakukan stabilisasi terhadap nilai tukar rupiah.

Rencananya, pada tahun depan, BI akan mengurangi likuiditas yang saat ini sangat longgar dengan berusaha tidak berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi dan penyaluran kredit.

“Pengurangan sedikit-sedikit kami yakin tidak akan mengurangi pertumbuhan ekonomi dan penyaluran kredit,” kata dia.

Sebagai informasi, kondisi likuiditas tetap longgar didorong kebijakan moneter yang akomodatif dan dampak sinergi BI dengan Pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. BI telah menambah likuiditas (quantitative easing) di perbankan sebesar Rp114,15 triliun pada tahun 2021.

BI juga melanjutkan pembelian surat berharaga negara (SBN) di pasar perdana sebagai bagian dari sinergi kebijakan Bank Indonesia dan Pemerintah untuk pendanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2021.

Hingga 16 Agustus 2021, pembelian SBN di pasar perdana tercatat sebesar Rp131,96 triliun yang terdiri dari Rp56,50 triliun melalui mekanisme lelang utama dan Rp75,46 triliun melalui mekanisme Greenshoe Option (GSO).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *