Bank Sumsel Babel Diduga Lambat Sediakan EDC dan QRIS untuk Samsat se-Babel

FAKTA BERITA, BANGKA – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Edi Nasapta menyampaikan kekecewaannya terhadap Bank Sumsel Babel yang dinilai tidak responsif dalam memenuhi permintaan penyediaan fasilitas Mesin EDC (Electronic Data Capture) dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Dinamis di Samsat se-Babel.Permintaan tersebut sudah disampaikan sejak lama, namun hingga kini belum direalisasikan, Jumat (7/2/2025).

Menurut Edi, ketiadaan fasilitas tersebut menjadi kendala dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, khususnya terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Permintaan ini bukan hal baru, sudah disampaikan sejak lama, tetapi sampai saat ini tidak ada realisasi dari pihak Bank Sumsel Babel,” ujarnya saat kunjungan kerja di Samsat Kabupaten Bangka.

Edi menilai, Bank Sumsel Babel seharusnya lebih tanggap karena Pemerintah Provinsi Babel merupakan salah satu pemegang saham di bank tersebut.

“Seharusnya bank mendukung kebutuhan daerah, apalagi ini berkaitan langsung dengan pelayanan publik. Jangan sampai masyarakat terus dirugikan karena keterlambatan seperti ini,” tambahnya.

Ia juga menyoroti pentingnya keberadaan fasilitas tersebut untuk mempercepat transaksi, mengurangi antrian, dan meminimalisir potensi kesalahan dalam sistem pembayaran manual.

Selain itu, Edi meminta agar Pemprov Babel sebagai pemegang saham dapat memberikan dorongan kepada pihak bank agar segera memenuhi kebutuhan ini.

“Kami ingin Bank Sumsel Babel segera mengambil langkah konkret. Jangan sampai ini berlarut-larut dan menimbulkan ketidakpuasan di masyarakat,” tegasnya.

Edi berharap modernisasi sistem pembayaran di Samsat se-Babel dapat segera terwujud demi memberikan pelayanan yang lebih baik dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *