Bantu Kembangkan Energi Terbarukan di RI, IKEA Investasi Rp85 Triliun

  • Whatsapp
Ilustrasi/ist

NASIONAL, FABERTA — Perusahaan furniture asal Swedia Ikea melalui induk perusahaan Ingka Group bakal menginvestasikan uang sebesar 4 miliar Euro atau setara Rp85,3 triliun untuk energi baru terbarukan (EBT) pada gerainya. Nilai tersebut menambah investasi sebelumnya sebesar 1 miliar Euro untuk mengurangi emisi gas karbon.

Chief Executive Officer (CEO) Ingka Group Jesper Brodin mengatakan, tujuan dari investasi itu yakni mengurangi jejak iklim yang lebih jauh dan berkembang menuju pencapaian 100 persen energi terbarukan di seluruh rantai nilainya.

Dengan demikian, rantai perabotan rumah bertujuan untuk membantu membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat celcius di atas tingkat pra-industri, sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Iklim Paris.

Adapun dana itu sebelumnya telah digunakan untuk membeli 49 persen saham di 8 taman PV surya di Rusia, yang dapat menyediakan listrik ke seluruh 17 toko Ikea dan sebagian dari pusat perbelanjaan di negara tersebut.

“Ikea Foundation juga mengalokasikan tambahan 1 miliar Euro selama lima tahun ke depan untuk mengurangi emisi karbon. Perusahaan induk investasi berencana untuk melakukan investasi di sumber energi terbarukan dan menyediakan energi untuk berbagai komunitas,” kata Brodin dilansir dari retaildetail.eu, Minggu (25/7/2021).

Menurutnya, saat ini penduduk dunia masuk dalam fase-fase paling penting dalam sejarah lantaran terjadinya perubahan iklim akibat emisi gas karbon yang terus meningkat. Untuk berkontribusi menekan emisi karbon, perseroan telah memiliki 547 turbin angin, 10 taman surya di 15 negara, dan 935 ribu panel surya di atap tokonya.

Brodin mencontohkan, listrik pada gerai miliknya di Belgia telah menggunakan energi angina dan sinar matahari. Bahkan, dengan teknologi itu telah mampu menyediakan 65,9 persen kebutuhan listrik bagi perusahaan.

Melalui investasi ini, dia optimistis akan dapat mengembangkan keberlangsungan usaha di masa depan dengan menjaga keselarasan alam.

“Kita tahu bahwa dengan investasi yang tepat, dapat menjadi bagian dari solusi dan membatasi dampak pada rumah kita bersama yaitu bumi. Seperti kami akan mempersenjatai perusahaan untuk masa depan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *