Bantu Kurangi Abrasi di Pantai Sawang Laut, PT Timah Tbk Sosialisasikan Rencana Pemasangan Penahan Abrasi ke Warga

SAWANG¬†— PT Timah Tbk akan memasang penahan abrasi di sekitar Pantai Sawang sepanjang 150 meter untuk membantu mencegah abrasi.

Sebelum memasang penahan abrasi, PT Timah Tbk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar nantinya dapat diketahui masyarakat. Sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Tok Judah, Kelurahan Sawang, Jumat (06/10/2023).

Dalam sosialisasi ini PT Timah Tbk juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan masukannya sehingga nantinya bisa saling mendukung dan bersinergi.

Sejak tahun 2017 PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur telah melakukan Pemasangan Penahan Abrasi sebagai komitmen dan juga tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini terbukti efektif mampu mengurangi dampak abrasi pada lokasi yang sudah dipasang penahan abrasi.

Selain itu, disekitar penahan abrasi yang dibangun PT Timah Tbk juga menjadi objek wisata baru sehingga mampu memberikan dampak ekonomi bagian masyarakat.

Ketua RW. 01 Kelurahan Sawang Rafani menyampaikan apresiasi kepada PT Timah Tbk yang telah memperhatikan lingkungan di sekitar Pantai Sawang ini dengan rencana Pemasangan Penahan Abrasi sepanjang 150 meter.

“Tentu ini akan sangat membantu kami masyarakat disekitar untuk mengurangi dampak abrasi yang tiap tahunnya semakin parah,” katanya.

Menurutnya, di kawasan itu selain ada pemukiman warga, juga terdapat pemakaman para tetua masyarakat terdahulu.

“Apabila kita biarkan tentu dampak abrasi tersebut akan menggerus makam tersebut, untuk itu mewakili masyarakat Rw. 01 sangat berterima kasih dengan adanya program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah Tbk,” ucapnya.

Senada, Ketua Karang Taruna Kelurahan Sawang Mardani, mengatakan kegiatan ini memang sangat dibutuhkan dan harus didukung untuk mengurangi dampak abrasi.

Saya mewakili Pemuda dan juga Karang Taruna Kelurahan Sawang sangat senang dan akan mendukung kegiatan Pemasangan penahan abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk,” katanya.

Sama halnya dengan Lurah Sawang Azman, menyebutkan, pihaknya sangat dan mendukung kegiatan ini, karena pantai Sawang dampak abrasi sangat jelas terlihat. Sehingga dengan adanya program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah tentu dapat mengurangi abrasi yang terjadi.

“Dapat kita lihat di lapangan disekitar pantai asmara dewi Kelurahan Sawang yang telah di pasang penahan abrasi sepanjang 400 meter pada tahun 2020 kemarin, saat ini sangat minim terjadi abrasi. Sehingga kegiatan seperti ini harus kita dukung,” terangnya.

Sementara itu, Saiful mewakili Camat Kundur Barat memberikan apresiasi yang luar biasa atas komitmen PT Timah Tbk terhadap lingkungan.

“Apabila abrasi ini tidak ada yang peduli, masyarakat yang akan menjadi korban. Kita ketahui bersama sampai saat ini hanya PT Timah yang terus melakukan kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman mangrove dan juga pemasangan penahan abrasi. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mendukung program ini dan mendoakan PT Timah supaya terus maju dan berkembang,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *