Bersama Forum Kibar Pemuda Merah Putih, PT Timah Tbk Renovasi dan Percantik Jalur Hijau di Kecamatan Parittiga

BANGKA BARAT, FAKTABERITA — Kawasan ruang terbuka yang tertata di suatu daerah akan menjadi perhatian wisatawan maupun ikon menarik bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, Forum Kibar Pemuda Merah Putih yang merupakan organisasi pemuda di Bangka Barat merenovasi dan mempercantik kawasan Jalur Hijau di Jalan Pasar, Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Dalam merenovasi dan mempercantik kawasan ini, Forum Kibar Pemuda Merah Putih mendapatkan bantuan dari PT Timah Tbk. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan PT Timah Tbk untuk mengembangkan ruang terbuka itu menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat.

Sekretaris Forum Kibar Pemuda Merah Putih, Rusdi Ujang mengatakan semula kawasan ini kumuh dan tidak terawat sehingga mereka berinisiatif untuk merenovasi agar bisa menjadi tempat berkumpul baru bagi anak muda.

Ia menyebutkan, ide ini muncul karena banyak anak muda saat ini banyak nongkrong ditempat yang gelap dan berpotensi melakukan hal-hal yang negatif. Dengan adanya tempat yang representatif maka hal ini bisa dihindari.

“Awalnya kita berpikir bagaimana agar anak-anak muda ini tidak lagi nongkrong di tempat yang gelap yang nantinya malah berperilaku negatif. Dan kita melihat kawasan Jalur Hijau di Jalan Pasar itu sudah ada muralnya tapi tidak terawat dan kelihat kumuh. Akhirnya ini kita putuskan untuk dipercantik dan bersyukurnya PT Timah Tbk peduli dan bisa membantu,” ucapnya, Rabu (3/8/2022).

Bersama masyarakat Forum Kibar Pemuda Merah Putih ini menata kawasan jalur hijau ini dengan menambahkan ornamen baru seperti bola batu, lampu-lampu, pot bunga, kursi, landmark tulisan welcome Parittiga. Sehingga kawasan itu sekarang menjadi lebih tertata dan menjadi ikon baru.

Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, mereka juga melibatkan masyarakat untuk membuat ornamen seperti pot dan yang lainnya.

“Kita juga memberdayakan masyarakat, untuk pembuatan pot dan lainnya itu kita swakelola ke masyarakat. Semoga nantinya ini bisa menjadi ikon baru yang bisa mendukung pariwisata,” katanya,

Ia berharap, nantinya sinergi dengan PT Timah Tbk ini dapat terus berlanjut, sehingga nantinya semakin banyak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang bisa dilakukan bersama.

“PT Timah Tbk sudah peduli, semoga nantinya akan ada lagi kegiatan yang bisa dikolaborasikan terutama untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.