Budidaya Holtikultura Poktan Bukit Pading Sukses, Panen Hingga 2 Kali Sehari

  • Whatsapp
Kelompok Tani Desa Bukit Pading, Bangka Tengah melakukan panen cabai dari hasil budidaya holtikultura. (Foto : Robby Setiawan)

LUBUK BESAR, FABERTA — Kelompok Tani (Poktan) Bukit Pading berhasil mengembangkan budidaya tanaman holtikultura diantaranya tanaman tomat, terong, cabai rawit dan cabai merah keriting.

Kelompok yang baru berdiri pada tahun 2019 lalu tersebut, sudah beberapa kali melaksanakan panen, salah satunya panen cabai merah pada tahun 2020 kemarin.

Bacaan Lainnya

“Melalui support bantuan dana APBDes, Kelompok Tani Bukit Pading sudah menghasilkan 6 ton cabai dengan memanfaatkan lahan 0,5 hektar,” ujar Mizwan, Penyuluh Pertanian Desa Lubuk Pabrik, Minggu (14/3).

Dari hasil kegiatan APBDes ini, Poktan Bukit Pading terus melakukan pengembangan cabai merah keriting. Untuk tahun 2021 ini, beberapa anggota poktan disebar untuk menanam berbagai tanaman holtikultura.

“Sekarang jadwal panen sudah berjalan rutin, dan alhamdulillah pada bulan ini juga Poktan Bukit Pading kembali menggelar panen cabai merah keriting,” ungkapnya.

Mizwan menerangkan, pada awal panen harga cabai cukup menjanjikan hingga mencapai Rp60 ribu per kilogram, dan sekarang berada di angka Rp30-35 ribu per kilogram.

“Namun begitu, pengembangan budidaya holtikultura yang dilakukan oleh Poktan Bukit Pading berjalan sukses, untuk saat ini panen baru mencapai 1,2 ton, dan akan terus meningkat karena panen sudah bisa dilakuan setiap dua kali sehari,” pungkasnya. (Robby Setiawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *