Bupati dan Wabup Basel Tinjau dan Beri Bantuan Warga Terdampak Angin Puting Beliung di Pergam

  • Whatsapp

 

BANGKA SELATAN, FABERTA — Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi kembali menyambangi sekaligus memberikan bantuan untuk warga terdampak musibah angin puting beliung di Desa Pergam, Kecamatan Air Gegas, Selasa (15/03/2021).

Bacaan Lainnya

Orang nomor satu di Basel menjelaskan bahwa akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrim, sehingga musibah angin puting beliung tidak bisa terelakkan.

Kali ini di Desa Pergam memakan korban 24 rumah, 12 di antaranya rusak cukup parah akibat amukan angin puting beliung yang terjadi kemarin, (15/03).

“Pertama saya mengucapkan turut perihatin karena memang cuaca di kita akhir akhir ini sedikit ekstrim dan terjadi bencana puting beliung di beberapa titik, untuk di Desa Pergam ini totalnya ada 24 rumah terdampak dengan 12 rumah cukup parah,” ujar Riza.

Selain itu, Riza juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berkontribusi membantu meringankan warga terdampak musibah kali ini.

Ia menambahkan, bahwa sinergisitas pemerintah daerah dan pihak swasta agar terus terjalin dalam rangka membangun Negeri Junjung Besaoh ke depan yang lebih baik.

“Alhamdulillah dalam penanganan bencana ini kami gotong royong ada PT Timah, RBT, ada Pak Dayat Arsani turut membantu kami. Kolaborasi ini saya pikir sangat amat meringankan beban para korban. Saya mewakili pemerintah mengucapkan banyak terima kasih sudah ikut berkontribusi karena memang kekuatan pemerintah sangatlah terbatas,” kata Riza.

Adapun bantuan pihak swasta seperti yang diberikan Perusahaan tambak udang vaname, yaitu berupa renovasi rumah korban yang terdampak parah.

Hidayat Arsani selaku Ketua Asosiasi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) yang ikut meninjau lokasi bencana mengatakan sudah menjadi kewajiban pihak swasta ikut membantu pemerintah terlebih dalam penanganan bencana.

“Kita ikut terpanggil dengan musibah ini, maka APTIN ikut membantu ada dua rumah yang parah dan akan kita bantu renovasi untuk meringankan beban para korban,” kata Hidayat Arsani.

Mantan Wakil Gubernur Babel tersebut menambahkan swasta kini perlu mengubah paradigma bahwa pihak swasta didorong tidak hanya berkontribusi melalui bantuan yang bersifat charity, tetapi juga membangun nilai soal kebencanaan dalam sistem organisasi.

“Oleh karena itu APTIN akan terus meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan pemerintah baik dalam hal pembangunan daerah maupun dalam penanganan bencana,” tukasnya.

 

Editor: Kaif

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *