Cegah Kluster Baru Covid-19, Vaksinasi Para Pedagang Pasar Mesti Dipercepat

  • Whatsapp
Ilustrasi Vaksinasi Masal Gratis di Pasar Mambo, beberapa hari lalu. Foto: Januar/Faberta

NASIONAL, FABERTA — Pemerintah diharapkan mempercepat program vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pedagang di pasar tradisional. Hal ini merupakan upaya mencegah pasar tidak menjadi kluster baru penyebaran virus corona.

Mendukung upaya tersebut, Ketua Bidang Asuransi dan Kesehatan Pedagang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikappi Mahin Aufa, mengatakan bahwa pihaknya akan membantu pemerintah dengan memperkuat data pasar dan pedagang agar vaksinasi dapat berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap agar kebijakan ini bisa menjaga dan mengurangi laju pertumbuhan atau penyebaran Covid-19 di Indonesia dan semoga pasar tradisional tetap terjaga kita semua, pedagang dan pembeli agar menjaga kesehatan,” kata Mahin melalui keterangannya, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, Ikappi juga meminta pemerintah untuk meningkatkam fasilitas protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional. Pasalnya, sejak merebaknya pandemi Covid-19 hingga saat ini terdapat 89 pedagang yang meninggal terkonfirmasi positif corona.

Berdasarkan catatan Ikappi hingga 23 Juni 2021, total pedagang yang teekonfirmasi positif di seluruh Indonesia sebanyak 1.934 yang tersebar di 321 pasar dan kasus meninggal kurang lebih sekitar 89 kasus.

“Kami minta kepada pemerintah daerah untuk memperkuat protokol kesehatan kepada pedagang pasar juga dan kami memohon serta berharap agar terus menjaga kesehatan, menjaga jarak tetap pakai masker. Tempat pencuci tangan juga diaktifkan kembali, protokol kesehatan dilakukan secara disiplin dan terus menjalankan apa yang menjadi tahapan-tahapan agar terhindar dari Covid-19,” pungkasnya.

Menurut dia, dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 di Tanah Air membuat pemeringtah terpaksa harus menarik rem darurat. Sebab, hal ini berdampak pada pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sejak 22 Juni hingga 5 Juli 2021 mendatang. (Faberta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *