Desa Karya Makmur Terima Program CFW Kementerian PUPR

  • Whatsapp
Desa Karya Makmur saat Terima Program CFW Kementerian PUPR. (Ist)

SUNGAILIAT, FABERTA —  Pemerintah Desa Karya Makmur mendapat bantuan yang bersumber dari Kementerian PUPR. Bantuan ini dengan nama program Cash For Work (CFW) atau Padat Karya Tunai Kotaku

Kades Karya Makmur Yusni Thamrin Rabu (8/6) menjelaskan, adapun bentuk kegiatan adalah pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana aset desa.

“Ada pemeliharaan dan perbaikan saluran, jembatan, jalan desa dan lainnya. Pekerja yang diberdayakan adalah masyarakat sekitar,” kata Yusni.

Yusni berharap program ini bermanfaat bagi warga desa yang di pekerjakan sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. “Kepada warga desa untuk terlibat dan kontribusi dalam pemeliharaan dan pemanfaatan sarana yang di bangun. Cinta lingkungan, bersih lingkungan dan sehat bagi semua,” ujarnya.

Diketahui, tujuan kegiatan CFW adalah memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid -19 yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dan masyarakat yang mengalami penurunan/kehilangan pendapatan.

Selain itu diharapkan terpeliharanya aset infrastruktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun program Kotaku maupun program IBM lain melalui swakelola masyarakat.

Adapun tujuan dari Program Padat Karya yaitu untuk mengurangi pengangguran, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas dan kwantitas pembedayaan masyarakat dengan berdasar dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai. (Hrl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *