Dinas Pendidikan Bateng Gelar Pelatihan Pemanfaatan Akun Belajar Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

  • Whatsapp
Pelatihan Pemanfaatan Akun Belajar Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. (Ist)

KOBA, FABERTA — Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Akun
Belajar Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) digelar pada Rabu, (1/9/2021) secara daring. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Bateng bekerja sama dengan trainer pengimbasan google for education.

peserta pelatihan ini merupakan admin akun belajar di
satuan pendidikan yang terdiri dari kepala sekolah, operator, dan tenaga administrasi sekolah.

Tak hanya untuk admin, pelatihan ini juga diselenggarakan untuk guru-guru yang mempunyai akun belajar, dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 4 September 2021 secara daring menggunakana google meeting dan streaming YouTube.

Trainer pelatihan ini terdiri dari 3 orang trainer pengimbasan google for education yaitu Hastri, S.Pd., Slamet Prayogi, S.Pd., dan Mei Winner Gaputri Manik, S.Pd., dalam pelatihan ini trainer memberikan materi mengenai pengenalan akun pembelajaran, cara aktivasi akun, serta pemanfaatan akun pembelajaran guna menunjang kegiatan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Bapak Esdras Silverius Bangun, S.H., dalam sambutannya Bapak Esdras menyampaikan bahwa guru dan tenaga kependidikan perlu mengaktifkan akun belajar, serta dapat memanfaatkan akun belajar guna menunjang kegiatan guru.

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. (Sumber
: https://www.belajar.id/).

Akun pembelajaran memiliki berbagai keunggulan seperti kapasitas penyimpanan tak terbatas, fitur-fitur lebih canggih, semua data aman, teratur, dan dapat terintegrasi antara satu dengan lainnya, serta terdapat fasilitas drive bersama yang memungkinkan kolaborasi
data secara cepat.

Akun pembelajaran merupakan salah satu jalur komunikasi resmi kemdikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, akun pembelajaran juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi resmi kemdikbud.
Semua manfaat penggunaan akun pembelajaran sangat mendukung peserta didik dan pendidik serta tenaga kependidikan untuk belajar, mengajar, dn bekerja di mana saja dan kapan saja.

Mari aktifkan akun pembelajaran, serta maksimalkan penggunaannya agar tercipta pendidikan yang bermutu sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.

Penulis: Hastri, S.Pd.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *