Disnakertrans Basel Kerjasama Dengan Kementerian Desa PDTT Dorong Ekonomi Wilayah KTPN

FAKTABERITA, BANGKA SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan serius mendorong dan mengembang potensi yang ada di wilayah Kawasan Transmigrasi Prioritas Nasional (KTPN). Oleh karena itu melalui program-program kegiatan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus berkoordinasi dengan Kementerian Desa.

 

Plt Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Selatan, Ade Hermawan, mengatakan pihaknya terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Desa guna mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah KTPN Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar.

 

“Kita akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah KTPN melalui program-program kegiatan dan akan lebih intens berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak kementerian Desa PDTT sehingga mampu berdaya saing seperti yang kita harapkan bersama.” Kata Ade, Kamis (04/07/2024).

 

Sebagai informasi, sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Selatan telah melakukan kerjasama dalam program kegiatan penguatan SDM (Sumber Daya Manusia) di wilayah KTPN Batu Betumpang bersama Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) budidaya peternakan sapi kepada warga Desa Panca Tunggal, warga Desa Fajar indah dan warga Desa Sumber Jaya Permai.

 

Adapun materi yang disampaikan di antaranya ialah,

1. Tujuan budi daya ternak sapi untuk pengembangan atau penggemukan

2. Pemilihan bibit sapi yang baik dan unggul

3. Tatalaksana kandang sapi

4. Pemberi pakan

5. Manajemen pemeliharaan dan recording

6. Pengendalian penyakit dan pengobatan

7. pengolahan kotoran fan limbah

8. Pengaktifan pokdarwis

 

Dengan adanya kegiatan Bimtek singkat tersebut diharapkan bisa meningkatkan semangat dan pengetahuan dalam beternak sapi sebagai tabungan dan menekan biaya pembelian pupuk serta meningkatkan perekonomian dan pendapat petani ternak.

 

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Belitung, Ade Hermawan, menanggapi kegiatan ini dengan berharap agar peternak di Bangka Selatan menjadi peternak yang profesional sehingga Bangka Selatan mampu menjadi lumbungnya daging di Bangka Belitung.

 

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat Bangka Selatan khususnya para peternak sapi di Bangka Selatan agar lebih profesional lagi dalam beternak, mengurus sapi, sehingga keinginan dari Bupati Bangka Selatan yaitu kabupaten Bangka Selatan sebagai lumbung daging di Bangka Belitung segera terwujud,” tandas Ade.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *