Dispora Pangkalpinang Kucurkan Dana Hibah untuk Tiga Organisasi Hingga Rp2,5 M, Ini Rinciannya

  • Whatsapp
Kepala Dispora Kota Pangkalpinang, Manto (ist)

PANGKALPINANG, FABERTA —  Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pangkalpinang, telah mengucurkan dana hibah bidang kepemudaan dan olahraga pada bulan Mei 2021 lalu.

Organisasi penerima hibah bidang kepemudaan dan olahraga itu adalah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

“Dana hibah sudah dicairkan pada bulan Mei 2021, lalu tinggal menunggu LPJ di akhir tahun. Total dana hibah yang di dapatkan setelah refocussing, untuk KNPI sebesar dari Rp. 280 juta, KONI sebesar 1.7 Miliar dan Pramuka Rp. 600 juta,” kata Kepala Dispora Kota Pangkalpinang, Selasa (13/7/2021).

Kemudian kata Manto, untuk KONI sudah melakukan pencairan tahap pertama, yang digunakan untuk Musyawarah Olahraga Kota (Muskot) KONI Kota Pangkalpinang, sebesar Rp. 275 juta.

“Untuk KONI sudah pencairan awal kepengurusan lama pelaksanaan Muskot 275 juta, jadi sisa anggaran sekitar 1.5 Miliar, yang akan dicairkan oleh pengurus baru. Dana harus prioritas untuk pembinaan cabor-cabor,”ujarnya.

Manto menyebut, dana hibah kepemudaan pada Tahun 2021 ini dialihkan ke Dispora, sesuai aturan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019.

“Dana hibah kepemudaan dialihkan ke Dispora, untuk tahun 2020 masih di Bakueda belanja tidak langsung. Kemudian sesuai dengan Permendagri Nomor 90, dana hibah bukan belanja tidak langsung, namun belanja operasional,”ucapnya.

Manto menjelaskan, pihaknya terus melakukan pengawasan pemberian dana hibah itu, mulai dari proses tahapan, perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban.

“Penggunaan anggaran dana hibah harus sesuai aturan. Untuk belanja operasional mengacu pada standar biaya umum Pemkot Pangkalpinang. Pengawasan dana hibah harus lebih ketat, karena Inspektorat dan OPD terkait ikut mengawasi, terhadap item-item belanja itu,” katanya.

Ia berharap, dana hibah yang disalurkan Pemkot Pangkalpinang ini dapat bermanfaat bagi bidang kepemudaan dan pembinaan para cabor-cabor di Kota Pangkalpinang.

“Kita berharap dana digunakan tepat kegunaan dan transparan, sehingga dengan anggaran tersebut bisa menjalankan program dan pembinaan di tingkat cabang olahraga bagi KONI, juga untuk pembinaan para OKP bagi KNPI. Kemudian digunakan untuk pelaksanaan kegiatan Pramuka, baik di tingkat kecamatan maupun ranting,”ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *