DPRD Babel Sepakat Tes PCR/Antigen Peserta Tes CPNS dan PPPK Digratiskan

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Amri Cahyadi. (Foto: Januar)

BANGKA BELITUNG, FABERTA — Persyaratan untuk mengikuti Tes SKD CPNS tahun ini berbeda dengan sebelumnya, di mana peserta wajib menyertakan hasil bebas Covid-19 sebelum memasuki ruang ujian.

Hal ini merujuk dari Surat Rekomendasi Ketua Satgas Covid-19 Nasional Nomor B-155/KA SATGAS/PD.01.02/8/21 tentang Pelaksanaan Seleksi CASN 2021. Para peserta seleksi wajib memperlihatkan surat PCR/Antigen.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Amri Cahyadi mengatakan, pihaknya akan merekomendasikan kepada Pemprov untuk mengratiskan tes PCR/Antigen khusus Peserta CPNS dan PPPK.

“Perlu kami sampaikan dalam Badan Musyawarah ini kami sepakat untuk merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah agar tes PCR/Antigen digratiskan khusus untuk peserta CPNS dan PPPK,” katanya,  Selasa, (31/8/2021).

Menurutnya, persyaratan tersebut dinilai akan memberatkan para peserta. Pasalnya, tidak semua calon CPNS dan PPPK sanggup untuk membayar biaya tes tersebut.

“Belum tentu semua peserta seleksi bisa membayar tes tersebut. Maka dari itu, kalau memang ini menjadi sebuah aturan yang ditetapkan pusat maka kami akan bantu,” ujar Amri.

Lanjut Amri menjelaskan, untuk pelaksanaan Tes PCR atau Antigen bisa dilakukan di Puskesmas tempat domisili masing-masing dari peserta seleksi.

“Dan pelaksanaannya kami merekomendasikan kepada Pak Gubernur segera berkordinasi dengan kepala daerah kabupaten/kota agar teknis pelaksanaannya meminta dilayani di Puskesmas masing-masing,” jelasnya.

Dikatakan Amri, peserta test CPNS ini tidak sedikit, ada ribuan, ia menghitung kurang lebih ada 4 ribuan peserta. Oleh karenanya hal ini butuh koordinasi yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta memastikan satu hari sebelum pelaksanaan semua peserta sudah terlayani. “Lalu bukti itu bisa dikeluarkan sehari sebelum test CPNS ini berlangsung.” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *