DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2021

BANGKA, FAKTABERITA — DPRD Kabupaten Bangka menggelar rapat paripurna Penyampaian Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kabupaten Bangka T.A 2021, Kamis (30/06/2022).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I Mendra Kurniawan dan dihadiri oleh Bupati Bangka Mulkan, Wakil Ketua II Rendra Basri serta Forkopimda, Kepala Dinas, Camat, Lurah, Darma Wanita dan Insan Pers.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Ketua DPRD Bangka Iskandar diketahui sedang mengikuti kegiatan Rapat bersama Komisi IV DPR RI berkenaan rendahnya harga sawit sekarang ini dan pertemuan tersebut di hadiri oleh seluruh ketua DPRD se-Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua I DPRD Bangka, Mendra Kurniawan mengatakan penyampaian Raperda dimaksud, adalah untuk melaksanakan ketentuan pasal 320 ayat (1) undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015

“Yang selanjutnya dipertegas dengan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir,” kata Mendra, melalui keterangan yang diterima, Kamis (30/6/2022).

Selain itu, Mendra juga mengapresiasi capaian Pemkab Bangka yang sudah 8 (delapan) kali meraih predikat WTP tersebut, dan 6 (enam) tahun berturut-turut sejak tahun anggaran 2016 sampai dengan tahun 2021 ini.

“Kami atas nama DPRD kabupaten bangka, dengan ini menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, berkat kerja keras kita bersama dan ridho dari allah swt sehingga kita patut bersyukur atas capaian tersebut,” ungkap dia.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat atas diraihnya predikat WTP ini, semoga kita dapat mempertahankannya, dan menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik khususnya dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Bangka sehingga pada tahun-tahun mendatang kita selalu meraih predikat WTP,” lanjut Mendra.

Sementara itu, dalam pemaparan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2021 ini, Bupati Bangka Mulkan menguraikan tujuh laporan keuangan.

1. Laporan realisasi anggaran;
2. Neraca;
3. Laporan arus kas;
4. Laporan operasional;
5. Laporan perubahan ekuitas;
6. Laporan perubahan saldo anggaran lebih;7. Catatan atas laporan keuangan;

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.