Dukung Program ODF, PT Timah Tbk Bangun 21 Unit Toliet dan Tempat Sampah untuk Warga Kabupaten Belitung 

BELITUNG, FAKTABERITA — Sektor kesehatan menjadi salah satu fokus PT Timah Tbk dalam menjalankan program Tanggungjawab Sosial (TJSL) Perusahaan. Dalam pelaksanaannya PT Timah Tbk mengadaptasi konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable development goals atau SDG’.

Terdapat sebelas program strategis PT Timah Tbk dimana sepuluh diantaranya dirancang untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan dan pencapaian TPB.

Pada sektor Kesehatan komitmen perusahaan antara lain adalah Peningkatan Akses dan Mutu Layanan Kesehatan Masyarakat juga Penyehatan Sanitasi Pemukiman Komunitas.

Salah satu bentuk penyehatan sanitasi yang dilakukan PT Timah Tbk yakni dengan membantu pembuatan toilet dan tempat sampah di Kabupaten Belitung.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini membuat 21 unit toilet dan tempat sampah. Diantaranya 16 unit toilet dan tempat sampah di Desa Badau dan lima unit toilet dan tempat sampah di Desa Cerucuk.

Program itu merupakan dukungan PT Timah Tbk dalam percepatan program
Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) merupakan salah satu program menuju masyarakat sehat.

Kepala Desa Badau, Irawan Sumantri mengapersiasi dukungan percepatan program ODF oleh PT Timah Tbk. Ia berharap, PT Timah Tbk terus memberikan dukungan program melalui CSR kepada Desa Badau.

“Mudah-mudahan PT Timah Tbk terus membantu melalui CSRnya baik Desa Badau dan desa lainnya,” katanya.

Menurutnya, warga yang mendapatkan bantuan toilet itu sebelumnya memang belum memiliki toilet, maka Pemdes Badau berkolaborasi dengan PT Timah Tbk untuk ikut mendorong itu.

“Selama ini kita rutin komunikasi dengan PT Timah Tbk, karena keterbatasan dana jadi kita bekerja sama dengan PT Timah Tbk. Dengan bantuan ini, PT Timah Tbk mendukung percepatan program ODF di Desa Badau,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cerucuk, Kusmadi mengapresiasi bantuan toliet itu, sebab bantuan itu sangat diperlukan dalam mendukung program percepatan ODF itu.

Menurutnya, sebelumnya lima warga itu memang belum memiliki toilet, sehingga kali ini mendapat bantuan dari PT Timah Tbk.

“Jadi ada 5 bantuan warga WC itu, dan yang lain sudah semua. Semoga PT Timah Tbk terus jaya dan maju,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *