Elius Gani: Hewan Kurban yang Dinyatakan Sehat Langsung Dipasang Label

  • Whatsapp
Kadis Pertanian dan Pangan Bangka, Elius Gani. (Ist)

BANGKA, FABERTA — Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Elius Gani memastikan jika hewan kurban yang sehat akan dipasang label oleh tim kesehatan hewan.

Dikatakan dia, tim sudah melakukan pemeriksaan hewan sebelum dipotong atau Ante-mortem. Hal ini berguna mencegah pemotongan hewan yang secara nyata menunjukkan gejala klinis penyakit hewan menular dan zoonosis atau tanda-tanda yang menyimpang.

“Secara umum hewan dalam kondisi sehat dan kalaupun ada yang sakit sudah diberikan obat sehingga saat dipotong hewan sudah kembali sehat,” kata Elius, Jumat (16/7/2021).

Tak hanya itu, nanti hewan kurban yang sudah dipotong kembali dilakukan pemeriksaan “Post Mortem” yakni difokuskan pemeriksaan hati.

Hewan yang dinyatakan sehat kata Elius Gani langsung dipasang tanda atau label yang membuktikan hewan tersebut layak dijual dan dipotong masyarakat.

Diketahui, berdasarkan rekapitulasi data di 44 titik penjualan hewan kurban yang tersebar disejumlah tempat tercatat sebanyak 774 ekor sapi dan 1.955 ekor kambing.

Untuk harga hewan kurban sapi kisarannya antara 15 jutaan, sedangkan kambing dari Rp 2,5 hingga Rp 5 juta. (Hairul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *