Empat Calon Kuat Pj Gubernur Bangka Belitung

4 putra daerah masuk calon bursa Pj Gubernur Babel. (Ist)

BANGKA BELITUNG, FAKTABERITA — Kepemimpinan Erzaldi Rosman dan Abdul Fatah berakhir tepat pada 12 Mei 2022, dan kekosongan jabatan akan digantikan penjabat (PJ) Gubernur Bangka Belitung hingga dilantiknnya pasangan kepala daerah baru hasil Pemilu 2024.

Jelang lengsernya Erzaldi-Fatah, siapa sosok Pj Gubernur Bangka Belitung yang akan mengisi kekosongan sampai terpilihnya pasangan kepala daerah hasil Pemilu 2024 mulai beredar kencang.

Bacaan Lainnya

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota mengatur pengangkatan penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota untuk mengisi kekosongan kepala daerah.

Dalam pemilihan Pj Gubernur Bangka Belitung, Presiden akan memilih satu dari beberapa nama yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam Pasal 132 Ayat 1 PP No 6 Tahun 2005, PNS yang diangkat penjabat kepala daerah harus memenuhi sejumlah syarat dan kriteria berikut ini:

Selain mempunyai pengalaman di bidang pemerintahan yang dibuktikan dengan riwayat jabatan, juga menduduki jabatan struktural eselon I dengan pangkat golongan sekurang-kurangnya IV/c bagi Pj Gubernur

Selanjutnya, daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan selama tiga tahun terakhir sekurang-kurangnya mempunyai nilai baik.

Perihal jabatan pimpinan tinggi, diatur dalam Pasal 19 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merinci jabatan pimpinan madya dan pratama. Namun dari deretan pimpinan tinggi madya, terdapat 17 pejabat yang bisa menjadi Pj Gubernur Bangka Belitung,

17 jabatan pimpinan madya dan pratama yang bisa jadi Pj Gubernur Bangka Belitung yakni Sekretaris Jenderal Kementerian, Sekretaris Kementerian, Sekretaris Utama, Sekretaris Jenderal Kesekretariatan Lembaga Negara, Sekretaris Jenderal Lembaga Nonstruktural, Direktur Jenderal, Deputi, Inspektur Jenderal, Inspektur Utama, Kepala Badan, Staf Ahli Menteri, Kepala Sekretariat Presiden (KSP), Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Sekretaris Militer Presiden, Kepala Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi, dan jabatan lain yang setara.

Dari daftar jabatan yang masuk dalam persyaratan Pj Gubernur Bangka Belitung di atas, info yang dihimpun Faktaberita.co.id ada 4 calon kuat yang masuk kriteria.

Yang pertama adalah Rasio Ridho Sani, putra daerah yang lahir di Pangkalpinang ini menjabat sebagai Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kedua, Kemas Ahmad Tajuddin. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Babel, dan sekarang dipercaya sebagai Deputi Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Ketiga, Ridwan Djamaluddin. Putra daerah kelahiran Muntok, Bangka Barat ini mengisi jabatan strategis sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM sejak dilantik 10 Agustus 2020 lalu.

Terakhir keempat yakni muncul nama Naziarto, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bangka Belitung. Nama terakhir ini tak asing lagi di telinga masyarakat Bangka Belitung karena pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bangka bersama Rudianto Tjen pada 2008 dan calon Wali Kota Pangkalpinang pada Pilwako 2013 berpasangan dengan Nursaadah. (FB04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar