Evaluasi dan Genjot PAD, 11 OPD Pemkab Bangka Dikumpulkan

  • Whatsapp
Pemerintah Kabupaten Bangka yang diwakili oleh Asisten III Setda Bangka H.A. Mukhsin mengumpulkan 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor BPPKAD Kabupaten Bangka. Foto: ist

SUNGAILIAT, FABERTA — Pemerintah Kabupaten Bangka yang diwakili oleh Asisten III Setda Bangka H.A. Mukhsin mengumpulkan 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor BPPKAD Kabupaten Bangka.

Pengumpulan 11 OPD tersebut dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Target untuk pencapaian peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) TA 2021.

Bacaan Lainnya

Dimana ke – 11 OPD selama ini mengelola atau memungut retribusi daerah. Seperti Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Retribusi Parkir Jalan, Retribusi Minuman Beralkohol, Retribusi Pasar/Toko, Retribusi Sewa Alat Berat, Retribusi Tera Ulang, Retribusi Sampah, Retribusi Rumah Potong Hewan dan lain-lain.

Asisten III memberikan saran dalam melakukan pemungutan retribusi sehingga bisa tercapai target dan realisasi 100% lebih harus melakukan pemetaan, melalui potensi-potensi retribusi daerah yang akan didapatkan harus bisa digali dari sumber-sumbernya.

Bahkan pihaknya ke depan meminta agar target yang selama ini masih kecil dapat lebih ditingkatkan kembali, karena ada salah satu OPD yang targetnya terlalu kecil sehingga realisasinya di pertengahan 2021 sudah tercapai 100%.

“Selama ini sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bangka bukan hanya dari sektor pajak saja, tetapi salah satunya dari sektor retribusi ini. Jadi saya mengharapkan untuk meningkatkan realisasinya,” pinta Mukhsin, Sabtu (24/7).

Sementara itu, Kabid Penagihan dan Pengendalian Pajak Daerah BPPKAD Kabupaten Bangka Adi Muslih mengatakan bahwa pihaknya hanya sebatas mengkoordinasikan pertemuan ke – 11 OPD yang mengampu atau mengelola retribusi daerah.

Setelah dilakukan pertemuan ini, dimana untuk mencapai target dan realisasi retribusi daerah bisa maksimal nantinya dalam waktu dekat ini akan dilakukan pertemuan kembali dengan Wakil Bupati Bangka Syahbudin.

Ke – 11 OPD tersebut adalah Setda Bangka, BPPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas  Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Perindag.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *