Festival Tanglong, Cara Desa Karya Makmur Sambut Ramadan

  • Whatsapp

SUNGAILIAT, FABERTA – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 1442 H, Desa Karya Makmur, Kabupaten Bangka menggelar Festival Tanglong, Sabtu (10/4/2021) sore. Festival tersebut merupakan agenda rutin masyarakat setempat dalam menyambut bulan puasa setiap tahunnya.

Festival yang biasa dilaksanakan dengan berjalan keliling kampung, kini dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Hal tersebut bertujuan dengan menyesuaikan dimasa pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Karya Makmur, Yusni Thamrin menyampaikan selama bulan puasa tahun ini pemerintah desa telah menyiapkan sejumlah kegiatan keagamaan. Selain festival tanglong, dilaksanakan juga tadarus Al-quran serta kegiatan lainnya.

“Meskipun saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid, tetapi tidak mengurangi semangat kita dalam menyambut bulan suci ramadan. Salah satunya melalui festival tanglong ini yang menandakan kekompakan antar masyarakat,” ujar Yusni.

Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIP menyambut baik dengan dilaksanakannya festival tanglong. Festival katanya tentu dapat dikemas menjadi wisata budaya religi serta menarik minat masyarakat.

“Kami menyambut baik dengan adanya festival tanglong ini. Mari kita kemas festival ini menjadi agenda pariwisata religi yang dapat dinikmati masyarakat umum secara luas lainnya,” tutur Syahbudin.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Bangka mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama bulan ramadhan. Salah satunya yaitu untuk mengawasi ataupun mencegah anak-anak bermain petasan. (Hrl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *