FOTO : Cantiknya Batik Kampung Katak Karya Anak Berkebutuhan Khusus

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, FABERTA — Membahas tentang batik tulis tentunya yang pertama kali ada dibenak kita adalah kota-kota yang ada di Pulau Jawa seperti solo ataupun Jogjakarta. Ternyata Bangka Belitung juga memiliki produk produsen Batik Tulis khas Serumpun Sebalai yang tak kalah cantik, namanya Batik Kampung Katak.

Bacaan Lainnya

Batik Kampung Katak adalah salah satu produsen batik tulis di Provinsi Kepulauaan Bangka Belitung tepatnya di Kota Pangkalpinang yang berdiri sejak tahun 2018. Berbeda dengan motif pada umumnya, Batik Kampung Katak menawarkan motif tulis yang bernuansa khas Bumi Serumpun Sebalai.

Motif yang ditawarkan juga bervariatif diantaranya,  kegiatan memetik sahang (lada) dan motif tudung saji (penutup makanan) khas Bangka Belitung. Yang bikin tampak spesial adalah Motif-motif tersebut digambar manual atau dibuat langsung oleh salah satu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Owner Batik Kampung Katak, Endang Srihastuti yang sekaligus sebagai Ketua YPAC Pangkalpinang menerangkan, Batik Kampung Katak ini menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah dengan program “Dunia Usaha Dunia Industri”.

“Dalam program ini, sekolah menempatkan para siswanya diberbagai tempat usaha dan UMKM untuk menjalankan pelatihan, salah satunya membuat dan menggambar motif batik”. Ujarnya

Endang Berharap dengan adanya Batik Kampung Katak yang menjadi salah satu bagian dari program “Dunia Usaha Dunia Industri” ini bisa membantu anak -anak sekolah lebih siap dalam menghadapi dunia kerja, terlebih kepada anak berkebutuhan khusus

Sambung Endang, untuk harga sendiri terbilang relatif. Dimulai dari tiga ratus ribu sampai dengan dua juta rupiah, tergantung dari tingkat kesulitan pembuatannya.

“Karena kita motif yang kita buat bukan dari printing melainkan dibuat manual, jadi harganya dimulai dari tiga ratus hingga dua juta sekian, dan nominalnya tergantung tingkat kesulitanya.”jelasnya

Nama Batik Kampung Katak sendiri diambil dari nama sebuah wilayah dikota Pangkalpinang tepatnya di jalan Jendral Sudirman.

Bagi anda yang ingin berkunjung untuk melihat proses produksi bisa mengunjungi workshop Batik Kampung Katak yang  beralamatkan dijalan Murai No 3 Kelurahan Air Salemba Kecamatan Gabek Pangkal Pinang.

Untuk galerinya ada di jalan Jendral Sudirman didepan Hotel Swisbell Pangkalpinang tepatnya di Cafe Laterase.


Laporan dan Foto : Januar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *