FOTO: Jelang Lebaran, BTC Pangkalpinang Diserbu Pengunjung

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, FABERTA — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, kawasan Bangka Trade Centrer (BTC) Pangkalpinang membludak ramai dipadati warga yang berbondong-bondong untuk berbelanja kebutuhan lebaran, Sabtu (01/05/2021) siang.

Kondisi tersebut pada akhirnya menimbulkan kerumunan yang berlebihan. Apalagi, pantauan faktaberita.co.id, di beberapa spot masih tampak warga yang abai protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Bacaan Lainnya

Padatnya pengunjung di pusat perbelanjaan tentu menjadi atensi bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang. Pasalnya, kondisi seperti ini sangat berpotensi menciptakan kluster baru yang dapat menyebabkan lonjakan kasus Covid-19.

Perlu diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Pangkalpinang pada hari ini menyampaikan, terjadi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 berjumlah 54 orang.

“Update Covid-19 Pangkalpinang pukul 21.00 WIB, pasien terkonfirmasi positif berjumlah 54 orang dan pasien sembuh atau lepas isolasi sebanyak 18 orang,” ujar Kepala Dinkes Kota Pangkalpinang, dr Masagus M. Hakim dalam rilis singkatnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Pangkalpinang, melalui Sekretaris BPBD, Dedy Revandi mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19 baik di pasar dan pusat perbelanjaan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang khususnya Provinsi Babel dalam beraktivitas untuk menjalankan protokol kesehatan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Dedy, Sabtu (1/5/2021).

Apalagi, mendekati hari H lebaran, beberapa titik pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan pasar, penumpukan massa akan sulit dihindarkan. Kemudian, apabila dibutuhkan, para anggota BPBD Kota Pangkalpinang siap membantu dalam pemantauan dan pengawasan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.

“Kami berharap masyarakat mawas diri dalam beraktivitas di tempat keramaian dan kerumunan. Tetap selalu terapkan prokes Covid-19,” ucapnya.

Laporan: Rais/Gusti

Foto: Rais

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *