FOTO: Melirik Pesona Puri Tri Agung: Wisata Ragam Religi di Bangka

  • Whatsapp
Padepokan Puri Tri Agung, Sungailiat, Kabupaten Bangka. (Foto: Rais Abdillah/Faberta)

SUNGAILIAT, FABERTA — Melirik sektor pariwisata di Negeri Serumpun Sebalai, tentu tidak terlepas dari eksistensi Kabupaten Bangka yang memang dikenal dengan destinasi wisatanya. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata religi.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang menjadi rujukan menarik yaitu, wisata ragam religi Padepokan Puri Tri Agung yang berada di Jalur Lintas Timur Bangka berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Pangkalpinang.

Wisata Puri Tri Agung yang terbilang baru kini sudah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal muapun luar daerah bahkan mancanegara. Pengunjung bisa menikmati bangunan yang berbentuk bulat dengan tinggi hampir 30 meter itu. Luasnya pekarangan membuat pengunjung leluasa menikmati indahnya pemandangan.

Persis di hadapan Puri Tri Agung, terbentang lautan biru lepas bertepian pantai yang kini dinamai Pantai Tikus ditambah latar perbukitan menjadikan puri ini sangat indah bagi pengunjung jika ingin berswafoto.

 

Memasuki kawasan Puri Tri Agung yang memiliki luas 2,3 Hektar ini, pengunjung sudah disambut patung Dewi Kwan Im yang bertengger di samping puri. Selain itu, di kawasan Puri Tri Agung juga terdapat kelenteng kecil berada tepat sebelah kiri pelataran puri.

 

Kemudian, memasuki bangunan puri, para pengunjung juga disambut tiga patung besar di tengah. Ada patung Buddha Sakyamuni, Kong Zi, dan Lao Zi yang menjadi simbol keragaman tiga keyakinan, Budha, Konghucu, dan Tao. Patung kepala Naga tampak menghiasi pintu utama.

 

Di setiap sisi kanan dan kiri dalam bangunan puri, terdapat lonceng besar dan bedug. Beberapa perayaan dan tradisi rutin digelar di puri ini seperti Cap Go Meh, Sembahyang Rebut, dan Sembahyang Bulan.

 

Design interior yang terbilang cukup mewah ditambah arsitektur bangunan yang kokoh dan elegan, membuat Puri Tri Agung menambah daya tarik sendiri. Kini, Padepokan Puri Tri Agung menjadi salah satu ikon pariwisata daerah. Jadi, tunggu apalagi, yuk berkunjung dan nikmati keindahan pesona dan wisata alam Bangka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *