FOTO: Suarakan #SaveKPK, Ratusan Mahasiswa Sambangi DPRD Babel

  • Whatsapp
Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (6/7/2021). Foto: Januar/Faberta

BANGKA BELITUNG, FABERTA – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (6/7/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam aksi tersebut, Kordinator BEM SI Sumbagsel sekaligus Presiden Mahasiswa BEM Universitas Bangka Belitung (UBB), Rio Saputra, mengatakan bahwa pihaknya mendesak DPRD Babel untuk menyepakati nota kesepahaman aksi yang bertajuk #SaveKPK tersebut.

“Perlu diketahui bersama bahwa hari ini kami massa aksi dari SI Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel berada di depan kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung. Selain itu kami menyampaikan beberapa tuntutan yang akan kami sampaikan langsung kepada Ketua DPRD dan mendesak Ketua DPRD dan pemerintah Bangka Belitung untuk sama-sama menyepakati nota kesepahaman yang akan disampaikan dan dikirimkan ke pemerintah pusat,” kata Rio, Selasa (6/7/2021).

Adapun yang menjadi tuntutan BEM SI Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel pada aksi ini sebagai beirkut:

Pertama, mendesak presiden mengeluarkan Perpu yang isinya membatalkan UU No. 19/2019 tentang perubahan atas UU No. 32/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kedua, mendesak presiden untuk memberhentikan atau mencopot ketua KPK Firli Bahuri dengan segala kontroversi yang ada.

Ketiga, mendesak presiden untuk mengevaluasi berupa buruknya kinerja ketua KPK Firli Bahuri.

Keempat, mendesak gubernur dan DPRD Bangka Belitung untuk menuntut pemerintah pusat menyelesaikan polemik dan segala upaya Pelemahan di tubuh KPK.

Kelima, menuntut komitmen Presiden Joko Widodo terkait dengan penolakan pemberhentian 51 pegawai KPK yang dipecat.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, mendukung penuh aspirasi yang disampaikan oleh SI Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel terkait penolakan atas pelemahan lembaga KPK.

“Terima kasih kawan-kawan mahasiswa sudah hadir pada hari ini menyampaikan aspirasi kepada lembaga yang tepat yaitu DPRD Provinsi Bangka Belitung. Bagaimana tadi kami sampaikan bahwa kami hadir di sini kami percaya bahwa apa apa yang diaspirasikan kawan-kawan ini adalah suatu kebutuhan bagi bangsa ini kami sepakat bahwa kita di negeri ini tidak ada tidak boleh melakukan pelemahan terhadap KPK, kami mendukung semua, KPK harus kuat,” kata Herman.

Herman juga menyebutkan bahwa keadilan harus terus dijunjung tinggi di Tanah Air tercinta. “Kami juga mendukung bahwa di negeri ini tidak boleh ada ketidakadilan karena itu kami bersedia hadir berhujan-hujan bersama kawan-kawan mahasiswa yang Alhamdulillah sampai detik ini masih bersemangat,” katanya.

Oleh karena itu, Herman menambahkan bahwa pihaknya akan segera menyampaikan semua aspirasi ini kepada Presiden Republik Indonesia di Jakarta yang pertama, yang kedua kepada Ketua DPR RI di Jakarta lengkap dengan apa yang disampaikan kawan-kawan mahasiswa dengan tembusan kepada KPK itu sendiri dan BEM SI Sumbagsel dan Aliansi BEM Babel.

“Kami siap menandatangani itu terima kasih kepada kawan-kawan mahasiswa sampai hari ini kita masih kondusif,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *