Gerakan Mengajar BEM KM UBB di Desa Batu Beriga Bangka Tengah: Kembangkan Minat Bakat Siswa

CITIZEN, FAKTABERITA — Pendidikan merupakan bekal bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, pendidikan menjadi salah satu tujuan dari kegiatan Bina Desa yang dilaksanakan di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (24/06/2022) lalu.

BEM KM UBB mengupayakan pendidikan bagi anak-anak SD Negeri 12 Lubuk Besar dan SMP Negeri 3 Satu Atap Lubuk Besar yang dilakukan dalam bentuk mengajar hingga menyediakan sarana bagi anak-anak untuk mengasah kreativitas mereka dengan mengikutsertakan sejumlah murid untuk memeriahkan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini pun turut mendapatkan apresiasi, di antaranya dari kepala sekolah SD Negeri 12 Lubuk Besar, Asim.

“Alhamdulillah banyak hal dari anak-anak kami untuk mendapatkan pengalaman atau imu yang tidak didapatkan dari guru-guru yang ada disekolah. Kami juga dari pihak sekolah mendapatkan hal yang positif dari kunjungan adek-adek mahasiswa Universitas Bangka Belitung,” kata dia.

“Sehingga ada komunikasi dan juga kekurangan seperti tenaga kependidikan. Masukan dari adek-adek mahasiswa akan kami tindak lanjuti sebagai bahan evaluasi bagi sekolah kami kedepannya” sambung kepala sekolah SD Negeri 12 Lubuk Besar tersebut.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Satu Atap Lubuk Besar, Misnah. Ia turut senang dengan kehadiran mahasiswa yang Bina Desa di Desa Batu Beriga dikarenakan membawa dampak positif bagi kemajuan pembelajaran siswa/i yang ada di sekolah tersebut.

“Secara umum sudah baik. Dalam mengajar, mahasiswa berusaha untuk mengakomodasi siswa untuk memahami materi yang disampaikan dan mencoba membuat siswa untuk aktif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi,” kata Misnah.

“Ketika siswa tidak mampu menjawab atau salah menjawab, tidak langsung disalahkan atau diberitahu jawaban benar, tapi mencoba untuk memberi petunjuk dan mengajak siswa untuk bisa menganalisis kembali pertanyaan dan jawabannya. Saran saya, semoga kedepannya terus semangat dan mencoba hal-hal baru atau hal kreatif lainnya agar siswa bisa tertarik dalam pembelajaran.” terang Misnah.

Rekan-rekan BEM KM UBB juga sangat antusias dengan kegiatan mengajar ini. Mereka berharap bahwa kegiatan ini dapat terus dilanjutkan terus menerus dengan berbagi ilmu serta pengetahuan mereka kepada adik-adik di sekolah.

“Selama saya mengajar di Desa Batu Beriga ini sangat menyenangkan, guru dan siswa disini juga menyambut kami dengan sangat baik dan antusias. Banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang kami dapatkan disini. Guru-guru yang ada disini juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran kami disini. Dan kepala sekolah juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan minat dan bakat setiap siswa baik di bidang akademik maupun non-akademik,” ucap salah satu pengajar dari kegiatan Bina Desa BEM KM UBB.

“Saya berharap bahwa kegiatan ini tidak putus di kami saja, kami sangat berharap bahwa teman-teman diluar sana mau melanjutkan perjuangan kami dengan memberikan sedikit ilmu kepada siswa/i yang ada disini.” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.