Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Bangka Gelar Donor Darah

  • Whatsapp

SUNGAILIAT, FABERTA — Usai melakukan vaksinasi secara massal, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka melakukan donor darah yang diikuti pegawai setempat, Selasa (13/7).

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka, donor darah digelar dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini.

Kajari Bangka Farid Gunawan menjelaskan, donor darah dilakukan sebagai upaya pihak kejaksaan untuk berbuat terhadap masyarakat.

“Sebelumnya kemarin kita sudah menggelar vaksinasi massal baik untuk keluarga pegawai maupun masyarakat. Dan hari ini kita menggelar donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bangka,” kata Farid Gunawan.

Ditambahkan, selain itu juga digelar bakti sosial yakni dengan membagikan 100 paket bantuan ke panti asuhan dan masyarakat. Ia berharap, bantuan ini mampu meringankan masyarakat disaat pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan tema (Berkarya Untuk Bangsa) dari pimpinan. Kita sedapat mungkin berbuat untuk masyarakat,” ucapnya.

Kepala Markas PMI Bangka Tego menjelaskan, stok darah di PMI Bangka nihil. Dengan adanya donor darah massal ini akan membantu kebutuhan darah di PMI Bangka.

“Kekurangan kantong darah ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah. Padahal, dengan mendonor darah secara rutin akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” kata dia.

PMI Bangka, sambung Tego terus menggiatkan donor darah massal guna mencukupi stok darah saat ini. Diakui dia, saat ini stok darah sangat minim. “Stok darah minim. Kita akui. Paling kalau ada donor massal baru ada stok. Itu juga paling bertahan dua tiga hari saja,” kata Tego.

Tego menjelaskan, ketersediaan relawan dan bekerjasama dengan komunitas dan organisasi kata Tego dilakukan pihaknya. Ia bersyukur, dari 500 kantong darah yang dibutuhkan setiap bulan selalu tercukupi.

“Untuk menarik pendonor pemula khususnya kita sediakan paket sembako untuk mereka hari ini yang mendonorkan darah,” tutup Tego.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *