Hari Ini BPOM Uji Sampling dan Fisik Vaksin AstraZeneca

  • Whatsapp
Vaksin AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (8/3) sore. (Foto : humas BPOM)

JAKARTA,FAKTABERITA.CO.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Selasa (9/3) hari ini melakukan sampling dan pemeriksaan fisik terhadap vaksin AstraZeneca yang tiba di Tanah Air, Senin 8 Maret kemarin sore.

Vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia sebanyak 1,1 juta dosis dan langsung dikirim untuk disimpan di Gudang PT. Bio Farma di Bandung. Pemeriksaan sampling juga melibatkan tim Balai Besar POM di Bandung.

Bacaan Lainnya

“Balai Besar POM dan tim dari BPOM akan melakukan pengecekan suhu penyimpanan, kesesuaian bets, tanggal kedaluwarsa, dan sebagainya,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/3).

Sebelumnya, kata Penny BPOM telah melakukan proses evaluasi untuk keamanan, khasiat, dan mutu dari vaksin AstraZeneca.

Dari evaluasi khasiat, pemberian vaksin AstraZeneca menunjukkan kemampuan yang baik dalam merangsang pembentukan antibodi, baik pada populasi dewasa maupun lanjut usia.

“Proses evaluasi dilakukan bersama-sama dengan Tim Ahli yang tergabung dalam Komite Nasional Penilai Obat, ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), dan klinisi terkait lainnya,” tandasnya.(FB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *