Ikut Rakor Kesiapan Operasi Mantab Brata Menumbing, Kepala Kesbangpol : Sinergitas Mensukseskan Pemilu 2024

BANGKA SELATAN, FAKTABERITA — Polres Bangka Selatan menggelar rapat kordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan operasi mantap Brata Menumbing 2023-2024 bertempat di Ruang Wira Pratama Polres Bangka Selatan Jalan Gadung Toboali Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, Rabu (11/10/2023).

Dalam sambutannya, AKBP Toni Sarjaka selaku Kapolres Bangka Selatan mengatakan, rapat lintas sektoral ini untuk mengecek kesiapan pengamanan dan penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota .

“Potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran pemilu, termasuk tindak pidana pemilu atau tindak pidana umum yang harus dapat dikelola dan ditandatangani secara profesional, transparan dan akuntabel.Terkait tindak pidana pemilu, Polri, Kejaksaan dan Bawaslu diharapkan dapat mengoptimalkan peran sentra Gakkumdu, sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran pemilu yang terjadi,” ujarnya.

Kepada peserta rakor untuk memetakan kerawanan pada setiap tahapan pemilu serta melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelejen didukung Babinsa dan babinkamtibmas, untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi menggangu jalannya pemilu 2024 dapat diantisipasi sedini mungkin.

“Saya meminta peserta untuk diperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggaraan pemilu dengan unsur pengamanan dan segenap komponen masyarakat,” ucap Kapolres.

Selain itu, tambahnya, para penyelenggara terkait harus menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilu serta melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tidak pidana pemilu secara terpadu melalui sentra Gakkumdu secara profesional transparan dan akurat

Kepala Bakesbangpol Bangka Selatan, Evi Sastra Mengatakan pihaknya mengapresiasi rakor lintas sektoral dalam rangka kesiapan operasi mantab brata Menumbing tahun 2023-2024.

Kegiatan ini mempunyai makna strategis sebagai upaya untuk lebih memantapkan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah, penyelenggara, pengawas dan aparat keamanan, dalam mendukung kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan tahapan pemilu serentak 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *