Imigrasi Pangkalpinang Gelar Layanan Pasir Kuarsa di Kantor Bupati Bangka Selatan

BANGKA SELATAN, FAKTABERITA —Imigrasi Pangkalpinang hadirkan layanan keimigrasian yang memberi kemudahan dan dekat dengan masyarakat melalui inovasi Pasir Kuarsa (Pelayanan Keimigrasian Keluar Masuk Desa). Pasir Kuarsa kali ini hadir di Bangka Selatan, tepatnya di Ruang Rapat Gunung Namak, Kantor Bupati Bangka Selatan, Kamis (10/08/2023)

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kemenkumham Bangka Belitung dalam hal ini Kantor Imigrasi Pangkalpinang dan juga Pemda Bangka Selatan.

Melalui kegiatan Pasir Kuarsa, masyarakat Bangka Selatan tidak perlu datang jauh ke Pangkalpinang untuk mendapat Layanan Keimigrasian, namun Imigrasi Pangkalpinang yang langsung turun ke masyarakat.

Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah permohonan yang terlayani sebanyak 60 permohonan, dimana keseluruhan merupakan permohonan penerbitan paspor baik paspor baru maupun penggantian paspor.

Sekda Bangka Selatan, Eddy Supriadi, memberi apresiasi terhadap layanan yang diberikan kepada masyarakat dari Imigrasi Pangkalpinang.

“Kegiatan ini sangat membantu, terobosan yang sangat inovatif. Saya pikir kegiatan ini membantu masyarakat Kabupaten Bangka Selatan dalam pelayanan keimigrasian khususnya pembuatan paspor, yang mana masyarakat yang tadinya harus ke Pangkalpinang sehingga dapat mengurangi biaya tranportasi yang harus dikeluarkan”, ungkap Eddy.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel, Doni Alfisyahrin, yang ikut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana dari kolaborasi antara Pemda Bangka Selatan dengan Kemenkumham Babel melalui kantor Imigrasi Pangkalpinang, diharapkan menjadi solusi dan memberi kemudahan bagi Masyarakat yang ingin mengajukan permohonan paspor.

“Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi dan kolaborasi antara Pemda Bangka Selatan dengan Kemenkumham melalui Imigrasi Pangkalpinang untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat”, ungkap Doni.

Imigrasi Pangkalpinang selalu berupaya untuk memberikan layanan prima baik di Kantor maupun diluar Kantor, salah satunya melalui Pasir Kuarsa ini. begitu yang disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Wahyu Wibisono.

“menyambung apa yang telah disampaikan Bapak Sekda dan Bapak Kadiv Keimigrasian, kegiatan ini bertujuan untuk memberi kemudahan kepada Masyarakat Bangka Selatan mendapat layanan keimigrasian tanpa harus jauh-jauh ke Pangkalpinang dan tanpa ada biaya tambahan selain biaya PNBP Paspor itu sendiri”, ungkap Wahyu.

Selain layanan paspor, pihak imigrasi juga membuka layanan izin tinggal keimigrasian berupa pendampingan tata cara perpanjangan izin tinggal orang asing, informasi jenis-jenis izin tinggal untuk orang asing, Perubahan alamat/status orang asing dan lain sebagainya.

Turut hadir meninjau dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel, Darori, Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian, Andrey Sofyan Isak, Serta Kepala Subbidang Perizinan Keimigrasian, Dwi Andang Mei Admojo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *