Jokowi Berharap Tanaman Porang Jadi Komoditas Ekspor Andalan

  • Whatsapp
Jokowi berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur siang tadi, Jumat (20/8) (Sumber foto: Instagram @jokowi/ist)

NASIONAL, FABERTA — Presiden Joko Widodo alias Jokowi berharap besar tananam umbi porang bisa jadi komoditas ekspor baru dari Indonesia. Oleh karena itu, ia meminta kepada menteri pertanian agar peluang ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur,” kata Jokowi mengutip dari unggahan Instagram miliknya @jokowi, Jum’at (20/8/2021).

Bacaan Lainnya

Jokowi menerangkan, hasil porang dapat memberikan manfaat lebih dari hulu ke hilir. Mulai dari petani hingga perusahaan pengolah tanaman itu sendiri. Bahkan, sekali panen, petani bisa meraup omset hingga Rp40 juta.

“Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang,” kata orang nomor satu di Tanah Air itu.

“Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 – 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga Rp40 juta dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar,” lanjutnya.

Mantan Walikota Solo itu berharap tanaman porang tidak hanyabdiekspor dalam bentuk mentah tetapi dikemas menjadi produk olahan. Hal itu tentunya, akan menjadi nilai tambah jual sehingga memberikan keuntungan lebih.

“Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *