Jokowi Buka PON: Papua Siap Berprestasi di Kancah Nasional dan Internasional

Presiden Joko Widodo resmi membuka gelaran PON ke-20 yang akan diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam. Foto: instagram @Jokowi/ist

PAPUA, FABERTA — Presiden Joko Widodo resmi membuka gelaran PON ke-20 yang akan diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam. Kontestasi bergengsi itu diketahui akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Dalam pidatonya, orang nomor satu di RI itu mengaku bangga bisa berada di Tanah Papua.

“Malam ini, saya berdiri dengan rasa bangga di Tanah Papua, membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX di Jayapura, di stadion baru nan megah berkapasitas 40.000 penonton, salah satu yang terbaik di Asia Pasifik,” kata Jokowi dikutip melalui Instagram @Jokowi, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi menyebutkan, pelaksanaan PON tersebut menjadi bukti kemajuan pesat Papua. Pasalnya, berbagai kesiapan infrastruktur yang matang sukses mendukung terlaksananya ajang kontes olahraga se Indonesia itu.

“Stadion ini juga salah satu simbol kemajuan Papua, selain infrastruktur yang telah terbangun di mana-mana. Konektivitas laut, darat, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia juga merupakan kemajuan Papua,” katanya.

Selain itu, dikatakan mantan Walikota Solo itu bahwa gelaran PON juga menjadi isyarat bahwa masyarakat Papua siap menorehkan prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

“PON yang pertama kali digelar di Papua ini menunjukkan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional. PON ini juga adalah panggung persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Jokowi.

Oleh karenanya, Jokowi mengajak seluruh atlit yang bertanding ikut menyukseskan gelaran PON XX dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan persaudaraan yang tinggi.

“Mari, kita merayakan PON XX ini d9engan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan, dan persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *