Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Perbanyak Program Padat Karya

  • Whatsapp

JAKARTA, FABERTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk memperbanyak program-program padat karya untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Hal itu untuk membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi.

Hal itu disampaikan Presiden saat memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 yang digelar secara virtual dari Istana negara, Jakarta, Rabu (14/4).

Bacaan Lainnya

“Saya minta agar APBD ini bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah dengan cara perbanyak program-program padat karya untuk penciptaan lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya,” ujarnya.

Jokowi menekankan kepala daerah untuk peka soal investasi di daerah. Menurutnya, ketidaksigapan untuk melayani perizinan investasi berarti akan turut memperlambat pertumbuhan ekonomi daerah yang juga akan memperlambat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Daerah baik provinsi, kabupaten, maupun kota jangan memperlambat yang namanya izin investasi karena investasi menciptakan lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Jokowi kembali mengingatkan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan, dan dukungan penuh bagi dunia usaha yang hendak melakukan investasi. Apabila hal demikian dapat dilakukan, maka pemulihan ekonomi daerah dan nasional diyakini akan dapat dengan mudah dilakukan.

Pemerintah daerah juga harus segera mengeksekusi bantuan sosial yang telah dialokasikan Pemerintah Pusat, karena sangat dibutuhkan warganya. “Bantu juga usaha mikro, kecil, dan menengah baik itu permodalan, produksi, maupun pemasarannya karena ini akan menggerakkan ekonomi daerah,” tutupnya. (Faisal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *