Jurusan Teknik Mesin UBB Gelar Lomba Rancang Bangun Alat Bantu Rumah Tangga Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Lomba Rancang Bangun Alat Bantu Tingkat Nasional tahap I dengan tema “Alat Bantu Pekerjaan Rumah Tangga” yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung, melalui platform zoom meeting. (Ist)

BABEL, FABERTA — Dekan Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (Babel), Wahri Sunanda, S.T., M.Eng. resmi membuka rangkaian acara presentasi pemenang Lomba Rancang Bangun Alat Bantu Tingkat Nasional tahap I dengan tema “Alat Bantu Pekerjaan Rumah Tangga” yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung, melalui platform zoom meeting.

Seleksi kegiatan lomba ini dimulai dari bulan Mei 2021 dengan mengundang seluruh mahasiswa teknik mesin se Indonesia dan pelajar dari sekolah menengah kejuruaan bidang Mesin.

Penilaian terbagi menjadi dua tahap, tahap I yaitu desk evaluation dan tahap II yaitu presentasi tim. Adapun peserta yang yang mendaftarkan terdiri dari beberapa instansi yaitu; Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Politeknik Caltex Riau, Polman Bandung, Polman Babel, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, SMK Negeri 2 Pangkal Pinang, dan Universitas Bangka Belitung. Tiap instansi mengirim beberapa Tim sehingga menambah semarak kompetisi tahap desk evaluation.

Dalam Laporannya, Saparin S.T., M.Si selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa untuk lomba desain ini baru pertama kali di selenggarakan oleh pihak Jurusan Teknik Mesin.

“Untuk kategori Alat Bantu Rumah Tangga ini baru pertama kali diselenggarakan, biasanya kami menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah,” ujar Saparin.

Nantinya peserta yang lolos dan melakukan presentasi akan melalui dua tahap penilaian yaitu desk evaluation dan presentasi. Untuk pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 September 2021 setelah melalui proses penjurian.

Pada tahap presentasi ada 6 tim lolos dan memaparkan hasil rancangan mereka, yaitu Muhamad Hilal Khoidar dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Sah Dewa Nur Prabandaru dari Polman Bandung, Anita Cempakasari dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ronny Alexander Marbun dari Politeknik Caltex Riau, Renaldi dari Universitas Bangka Belitung, dan Bayu Prasetiyo dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Wahri Sunanda S.T.,M.Eng mengungkapkan bahwa inovasi itu tidak harus teknologi tingkat tinggi, tetapi hal-hal kecil juga yang mampu memberikan manfaat bagi banyak pihak.

“Saya pikir ini adalah hal yang baik karena inovasi itu tidak melulu inovasi yang high tech, ternyata ada hal-hal yang simpel tapi itu sangat bermanfaat besar bagi kita semua,” ungkap Dekan Fakultas Teknik.

Ia berharap dari perlombaan ini akan lahir inovasi-inovasi kreatif serta dapat dikembangkan dengan baik.

“Saya berharap ini menjadi hal-hal yang positif untuk dikembangkan dan melahirkan inovasi yang banyak dan mungkin kedepan akan ada hak paten yang dihasilkan dari ini,” harap Wahri Sunanda. (Rilis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *