Kalian Wajib Tau! Ini Manfaat Lain dari Penggunaan Sarung Tangan Saat Berkendara

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Selain helm, sepatu, dan jaket, sarung tangan merupakan aksesoris yang wajib digunakan bagi para pengendara motor.
Meskipun sering dilupakan, sarung tangan motor memiliki manfaat dan fungsi yang penting ketika berkendara terutama untuk keselamatan. Walaupun demikian, banyak pengendara motor yang mengabaikan sarung tangan sebagai perlengkapan berkendara.

Menurut Anggie Faeza, Instruktur Safety Riding Indonesia Main Dealer Honda Motor Bangka Belitung menjelaskan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan yaitu diantaranya helm, jaket, sepatu, celana panjang dan sarung tangan.

Bacaan Lainnya

“Sarung tangan ini berfungsi sebagai pelindung ketika berkendara untuk melindungi telapak tangan dari gesekan antara permukaan jalan semisalkan pengendara mengalami kecelakaan.” jelas Anggie

Lalu, apa sebenarnya manfaat dan fungsi penggunaan sarung tangan ketika berkendara serta bagaimana cara memilih sarung tangan yang sesuai? Simak berikut ulasannya sepradik.

Perlindungan atau Proteksi
Sarung tangan dapat melindungi tangan Anda dari cuaca yang panas maupun dingin. Ketika tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan Anda akan terpapar cuaca panas atau dingin secara langsung sehingga hal tersebut dapat mengalihkan konsentrasi ketika berkendara.Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan atau gesekan. Gesekan yang terjadi antara stang motor dan kulit akan mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat. Oleh sebab itu, penting untuk memakai sarung tangan guna mencegah kejadian tersebut.Berkendara dengan menggunakan sarung tangan juga dapat melindungi tangan Anda dari gesekan yang lain sehingga perjalanan yang dilakukan tetap aman dan nyaman.

Cengkraman (Grip)
Tidak hanya bermanfaat sebagai perlindungan saja, namun manfaat sarung tangan motor lain yaitu sebagai pendukung cengkraman.Beberapa sarung tangan yang sudah dilengkapi dengan karet akan membantu pengendara untuk lebih mudah dalam mencengkram stang.Meskipun cuacanya sedang panas, basah, maupun lembab sarung tangan dapat membantu Anda untuk mencengkram dengan baik.Semakin baik cengkraman ketika berkendara, maka tarikan motor akan lebih empuk sehingga semakin baik pula kontrol sepeda motor Anda.

Membuat Penampilan Sporty dan Lebih Kece
Sarung tangan juga bermanfaat sebagai penunjang penampilan saat berkendara. Biasanya, pengendara yang menggunakan sarung tangan akan menjadi perhatian dibandingkan dengan pengendara dengan tangan polos. Tidak hanya memberikan rasa nyaman, memakai sarung tangan juga akan membuat Anda terlihat sporty dan lebih kece. Bagi beberapa orang, berkendara dengan menggunakan sarung tangan akan menambah rasa percaya diri.

Keselamatan
Fungsi utama dari penggunaan sarung tangan motor saat berkendara yaitu untuk keselamatan.Adanya sarung tangan akan mengurangi benturan atau cedera yang serius bagian tangan ketika terjadi kecelakaan. Penggunaan sarung tangan dapat melindungi kulit dari luka dan cedera.

Menjaga Suhu
Fungsi sarung tangan lainnya yaitu untuk menjaga suhu tangan Anda. Sarung tangan akan memberikan kehangatan ketika cuaca sedang dingin yang disebabkan oleh hujan. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu untuk menghindari hipotermia ketika sedang melewati daerah dingin.Begitupun dengan musim kemarau. Ketika terik matahari sedang menyengat, sarung tangan akan menjaga suhu tangan ketika berkendara agar tidak terlalu panas dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat. Dengan begitu, Anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Kesimpulannya ialah sarung tangan juga perlu untuk dikenakan ketika berkendara kemanapun pengendara sepeda motor berpergian, karena dampak yang didapatkan untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sesungguhnya berkendara juga harus mementingkan aspek kenyaamanan dan keamanan bagi pengendaranya sendiri dan jadikan juga sebagai trend fashion dalam riding sepradik agar tercapainya #Cari_Aman saat berkendara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *