Kanker Serviks Jadi Ancaman Bagi Wanita, PKK Kecamatan Sungailiat Bersama PT Timah Tbk Edukasi Masyarakat

BANGKA, FAKTABERITA — Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu ancaman yang cukup membahayakan bagi wanita. Upaya pencegahan dan deteksi dini harus dilakukan agar tidak semakin banyak wanita Indonesia yang terpapar kanker serviks.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kanker serviks, PKK Kecamatan Sungailiat memiliki Program Rumah Pusat Informasi Serviks (Rumpis) yang terletak di Kantor Camat Sungailiat.

Salah satu upaya untuk mendeteksi dini pencegahan kanker serviks yakni dengan melakukan tes IVA. Namun, sayangnya banyak wanita yang masih enggan melakukan tes ini.

Menyadari hal ini, membuat ketua PKK Kecamatan Sungailiat, Sri Widayanti menggagas program ini untuk memberikan edukasi kepada perempuan untuk melaksanakan tes IVA.

Berbagai strategi dilakukan salah satunya dengan adanya program Rumpis ini. Untuk memudahkan edukasi mereka membentuk kader untuk menyosialisasikan pentingnya tes IVA hingga ke tingkat lingkungan di wilayah mereka.

“Rumpis ini tidak hanya ditingkat kecamatan tapi juga sampai ke lingkungan, di setiap lingkungan itu nantinya ada kader untuk menyosialisasikan tentang IVA ini ke ibu-ibu di lingkungan mereka. Sehingga semakin banyak yang mau tes IVA, karena kan selama ini banyak yang tidak mau karena masih awam,” katanya.

Untuk itu, pihaknya bersama PT Timah Tbk akan menggelar pelatihan bagi kader-kader Rumpis dan anggota PKK se Kecamatan Sungailiat yang nantinya akan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tes IVA.

“Kami akan memberikan pelatihan bagi para penyuluh atau kader agar mereka bisa betul-betul mengedukasi ibu-ibu di lingkungan mereka, agar punya kesadaran untuk melakukan tes IVA sehingga bisa mendeteksi dini kalau memang ada potensi kanker serviks,” ujarnya.

Semakin paham masyarakat tentang kanker serviks, maka akan semakin mudah mencegah dan penanganannya jika memang ada yang terdeteksi kanker.

“Kami apresiasi PT Timah Tbk yang telah mendukung program untuk menyosialisasikan dan mengedukasi tentang kanker serviks ini. Karena pelatihan kepada kader ini penting agar bisa menyampaikan ke masyarakat lebih luas tentang kanker serviks yang menjadi ancaman kematian nomor satu bagi perempuan di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Camat Sungailiat Ramzi mengatakan PT Timah Tbk secara konsisten membantu pihaknya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai sektor.

Kali ini, PT Timah Tbk membantu masyarakat di bidang kesehatan, menurutnya edukasi kepada para perempuan harus digalakkan untuk mencegah kanker serviks.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada PT Timah Tbk yang selalu support dengan dalam berbagai bidang seperti kesejahteraan masyarakat. Sekarang dalam bidang kesehatan, sebagaimana kita ketahui kanker serviks ini menjadi momok bagi perempuan sehingga memang perlu untuk dilakukan deteksi dini,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *