Kapolda Babel Minta Penanganan Perkara yang Belum Terlaksana Segera Dituntaskan

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Yan Sultra. Foto: ist/Humas Polda Babel

BANGKA BELITUNG, FAKTABERITA — Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Yan Sultra meminta jajarannya agar seluruh tunggakan penanganan perkara, dumas masyarakat serta permasalahan lainnya yang berlum terlaksana di tahun 2022 lalu, segera dituntaskan.

Sehingga, kata orang nomor satu di Polda Babel itu pada Triwulan 1 tahun 2023 sudah memberikan hasil yang lebih baik.

“Maka melalui pelaksanaan gelar operasional ini, diharapkan menjadi momentum perubahan dan perbaikan dalam pelaksanaan tugas di masing-masing satker,” kata Yan saat menggelar Operasional Triwulan IV TA. 2022 Bidang Operasional dan Pembinaan Polda Kep. Bangka Belitung di Gedung Tribrata, Selasa (24/1/2023).

Selain itu, Kapolda juga menyebutkan situasi kambtibmas Polda Babel di awal tahun ini, yang tentunya banyak agenda penting yang menjadi atensi dan menjadi perhatian khusus kita bersama. diantaranya adalah penanganan inflasi, masa tahun politik dan dalam waktu dekat akan melaksanakan operasi ketupat tahun 2023.

“Harapan melalui gelar operasional ini mari kita jadikan kegiatan ini sebagai bahan evaluasi dalam menentukan rencana tindak lanjut segenap pembina fungsi di tingkat polda maupun para kapolres di wilayah masing — masing, sehingga apa yang kita hasilkan pada gelar operasional ini dapat berguna bagi peningkatan kinerja polda kep. bangka belitung dan jajaran di tahun ini,” ujar Kapolda Babel.

Tak lupa, Kapolda Yan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian personil Polda Babel dan Jajaran dalam pelaksanaan tugas, baik bidang operasional maupun pembinaan.

“Meskipun kita dihadapkan pada berbagai kendala dan keterbatasan, namun kita tetap dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai tribrata dan catur prasetya sehingga mampu mewujudkan situasi kamtibmas yang mantap dan kondusif,” imbuhnya.

Dalam gelaran tersebut, Kapolda Babel turut melaporkan capaian operasional Triwulan IV Tahun 2022. Diantaranya peningkatan kasus tindak pidana dan penurunan laka lantas.

Diketahui, jumlah tindak pidana selama Triwulan IV 2022 sebanyak 565 kasus, sedangkan pada Triwulan III sebanyak 535 kasus, atau mengalami kenaikan sebanyak 30 kasus (naik 6%). secara kualitas masih didominasi kasus cursa, curat, curanmor, penipuan dan penggelapan, anirat serta narkoba.

Sedangkan, jumlah laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polda Babel dan jajaran pada Triwulan IV tahun 2022 sebanyak 87 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 37 jiwa, sedangkan Triwulan III 2022 sebanyak 101 kasus, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 50 jiwa.

“Trend laka lantas mengalami penurunan sebanyak 14 kasus atau 14 persen dan korban meninggal dunia turun sebanyak 13 orang atau 26 persen,” kata Yan.

Sementara, jumlah pelanggaran lalu lintas pada Triwulan IV tahun 2022 sebanyak 14.628 perkara, sedangkan pada Triwulan III ta 2022 sebanyak 13.612 perkara atau mengalami kenaikan sebanyak 1.016 perkara atau naik 7 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *