Kasus Covid-19 Meledak di Bangka Barat, Sehari 47 Orang Terkonfirmasi Positif

  • Whatsapp

MUNTOK, FABERTA –– Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat kembali meledak dengan tambahan 47 orang terkonfirmasi positif pada hari ini, Rabu (21/4/2021).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid – 19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma, menjelaskan penambahan kasus terbanyak hari ini berasal dari kecamatan Muntok yakni 19 orang.

Bacaan Lainnya

“Berikutnya dari kecamatan Jebus 9 orang, kecamatan Kelapa 10 orang,
kecamatan Parit Tiga 5 orang dan kecamatan Tempilang serta Simpang Teritip masing-masing 2 orang,” kata Putra di Muntok.

Menurut Putra, 47 orang yang dilaporkan positif covid-19 di atas berasal dari pengembangan kontak erat kasus sebelumnya dan antigen positif serta hasil pemeriksaan Labkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Putra tak menampik melonjaknya kasus covid-19 di Bangka Barat selain karena kurangnya kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, juga karena isolasi mandiri (Isoman) yang dikatakan kurang efektif.

Soal isolasi mandiri, lanjut Putra, pengawasan pasien isolasi mandiri menjadi tanggung jawab bersama, baik pribadi maupun oleh Satgas Covid desa/kelurahan itu sendiri.

”Secara struktur, desa dan kelurahan diberikan kewenangan dalam pengawasan isoman. Data – data semua terbuka, desa dan kelurahan mendapat tembusan dari Puskesmas bagi yang isoman itu,” terangnya. (Fth)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *