Kawal Mudik Lebaran, Satgas Covid-19 Babar Perketat Pengawasan di Pelabuhan Tanjung Kalian

  • Whatsapp
Pengawasan Satgas Covid-19 Babar di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. (Foto : Faberta/Fth)

MUNTOK, FABERTA — Pemerintah telah memperketat syarat mudik Idul Fitri 1442 dari tanggal 22 April sampai 24 Mei 2021. Aturan tersebut tertuang dalam adendum (tambahan) Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Selama Bulan Suci Ramadan.

Dalam adendum SE yang diteken Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo itu dijelaskan pengetatan ini berlaku H-14 dan H+7 dari periode pelarangan mudik (6-17 Mei 2021).

Bacaan Lainnya

Adapun salah satu ketentuan adendum tersebut yakni pelaku perjalanan penyeberangan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan negatif tes GeNose C19 di pelabuhan sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sebagai tindak lanjut adendum itu, Satgas Covid-19 kabupaten Bangka Barat mulai memperketat pengawasan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan

Komandan Pos Angkatan Laut Muntok Kapten Laut Y. Prabowo menjelaskan berdasarkan monitoring tim verifikasi Satgas angkatan laut (angla) Muntok di pelabuhan Tanjung Kalian perihal penerapan adendum edaran Satgas Covid-19 pusat, sejauh ini semua pelaku perjalanan mematuhi aturan tersebut.

“Bagi penumpang yang nyebrang dengan persyaratan prokes rapid antigen berlaku 1×24 jam tidak ada hambatan. Semua pelaku perjalanan mematuhi aturan. Dalam satu hari ini penumpang yang berangkat hingga siang tadi sampai 254 orang menuju Palembang. Alhamdulilah rekan rekan tim verikasi kita tetap semangat dalam mendukung upaya pemerintah menjalankan intruksi tersebut,” kata Kapten Laut Y. Prabowo di Muntok, Minggu (25/4).

Sementara soal adanya ekstra trip dari Palembang ke Bangka, Prabowo menyampaikan pihaknya tetap berusaha mengawasi prokes dan sejauh ini masih lancar.

Dia berharap bagi masyarakat pelaku perjalanan untuk tetap mentaati aturan prokes demi keselamatan bersama. (Fth)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *