Kejar 88 Target Hingga 2023, BUMN Lakukan Pembenahan Besar-besaran

  • Whatsapp
Menteri BUMN Erick Thohir. (Sumber Foto: Galery Foto bumn.go.id/ist)

NASIONAL, FABERTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan hingga tahun 2023 pihaknya harus mengejar 88 target yang ditetapkan pemerintah. Hal ini dinilai sangat berat, terlebih saat ini sebagian perusahaan negera tengah melakukan transformasi besar-besaran.

“Kami di Kementerian BUMN setiap tahun punya target-target yang berat. Saya pernah sharing sampai 2023 harus achive 88 target yang harus kita lakukan,” kata Erick dalam dialog virtual di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, untuk mengejar target itu Kementerian BUMN terus melakukan pembenahan secara besar-besaran. Salah satunya dengan melakukan melakukan perombakan petinggi pejabat perusahaan pelat merah dengan tenaga-tenaga muda yang lebih inovatif.

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkalanjutan pun bakal dilakukan. Dari penuturan Erick, nantinya ada pergeseran dana tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) untuk program pendidikan dan beasiswa telanta-talenta muda.

“Kita sepakati tahun depan ada perubahan CSR yang signifikan bahwa keberpihakan kepada pendidikan yang utama scholarship (beasiswa) baik di perusahaan maupun di Kementerian BUMN,” kata dia.

Mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu menambahkan, target berat lainnya yang harus dicapai Kementerian BUMN yakni memastikan keberlanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Sebab, selama terjadinya krisis ekonomi, usaha kerakyatan selalu menjadi tulang punggung.

Sedangkan di tengah merebaknya wabah, kata Erick, tulang punggung ekonomi justru terpukul paling dalam akibat adanya kebijakan pembatasan untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

“Kalau dulu di krisis 1998 di mana UMKM menjadi tulang punggung, tapi hari ini tulang punggungnya kena. Data-data sudah terlihat, tabungan makin tinggi berarti yang besar makin besar yang kecil makin kecil,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *