Kembangkan Pariwisata Bukit Pinteir, PT Timah Bangun Sarana dan Prasarana

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH, FABERTA – Mendukung perkembangan pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk meningkatkan infrastruktur pariwisata yang digalakkan oleh kelompok masyarakat.

Setelah sebelumnya PT Timah Tbk membantu infrastruktur pendukung pariwisata di Gunung Mangkol. Kali ini, PT Timah membantu untuk mengembangkan infrastruktur di kawasan Bukit Pinteir yang terletak di Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Destinasi Wisata Bukit Pinteir memang sedang digandrungi banyak orang, lokasi destinasi di perbukitan ini memberikan suasana yang berbeda. Sebagiamana diketahui, Babel memang terkenal dengan potensi wisata pantai. Namun, kehadiran destinasi wisata ini, menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata alam.

Ketua Yayasan Arrahman Arrahim yang mengelola Bukit Pinteir, Murod Samid menceritakan nama Bukit Pinteir diambil dari kata melintir. Hal ini lantaran posisi Bukit Pinteir berada di antara beberapa bukit, di antaranya Bukit Pau, Bukit Anyan, Bukit Batu Anyer dan Bukit Dul ini seolah-olah seperti melintir.

Selain menjadi wahana olahraga bagi pendaki, Bukit Pinteir ini sendiri secara tidak langsung menjadi sarana edukasi bagi anak-anak dalam mengenal nama-nama pohon yang ada serta dengan panoramanya yang indah sering digunakan sebagai lokasi camping oleh para pengunjung.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan ke Bukit Pinteir ini juga terus bertambah. Mereka pernah mencatat sekitar 4.000 pengunjung per bulan. Namun semenjak pandemi angka ini berangsur turun menjadi 2000an pengunjung per bulan. Hal ini sangat berdampak bagi pengelola wisata Bukit Pinteir.

Diakuinya, saat ini kawasan wisata Bukit Pintier masih kekurangan banyak infrastruktur. Terutama infrastruktur yang mendukung kawasan wisata.

“Alhamdullilah hari ini kita dibantu oleh PT Timah, yang mana nanti akan dibangun brand name ‘Bukit Pinteir’ itu sendiri yang nantinya akan menjadi ikon tempat wisata ini,” kata dia, Kamis (3/6/2021).

Selain itu, menurut dia PT Timah juga akan membantu pembangunan lima unit gazebo, tenda UMKM, solar sel, plang petunjuk arah dan bantuan lainnya.

“Peningkatan fasilitas ini tentunya bertujuan untuk membuat pengunjung lebih nyaman, karena kalau hujan di atas tidak ada tempat untuk berteduh, maka kami merasa bantuan yang dberikan oleh PT Timah ini luar biasa dan sangat membantu kami selaku pengelola,” katanya.

Ia berharap, sinergi antara Yayasan Arrahman Arrahim dengan PT Timah terus berlanjut.

“Kami berharap, sinergi ini tidak berhenti di sini saja namun terus berlanjut. Tentunya dengan adanya bantuan ini membuat kami lebih semangat dan mempunyai harapan besar kedepannya terhadap tempat wisata ini tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *