Kembangkan Potensi Lokal Desa, PT Timah Tbk Dukung Bazar Durian di Desa Air Mesu

BANGKA TENGAH – PT Timah Tbk turut berpartisipasi dalam kegiatan Bazar Durian di Desa Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan pada 13-15 Juli 2023.

Bantuan dari PT Timah Tbk ini sebagai upaya perusahaan untuk mendukung potensi Desa. Pasalnya, Desa Mesu dikenal sebagai salah satu desa penghasil durian di Pulau Bangka. Sehingga pada saat musim durian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Air Mesu Lestari kembali menggelar bazar durian di Lapangan Bola Mesu.

Untuk mendukung kegiatan rutin tahunan ini, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan dana kepada panitia penyelenggara pada Rabu 12 Juli 2023.

Durian memang menjadi salah satu buah yang banyak diminati orang-orang. Memiliki cita rasa yang unik dan khas dan varian yang beragam membuat durian kerap dicari orang. Apalagi hanya ada pada musim-musim tertentu.

Ketua Panitia Bazar Durian, Muhammad Rizki Romadhon Putra Kelana (27) mengatakan, selain bazar durian juga dilaksanakan kontes durian lokal, dan juga lelang durian.

“Kegiatan ini dulunya pernah dilaksanakan pada tahun 2012 dan 2019. Alhamdullilah, pada tahun 2023 ini, event ini dapat terlaksana kembali. Sempat terhenti beberapa tahun, karena faktor cuaca yang kurang mendukung sehingga mengakibatkan buahnya kurang bagus dan hasilnya juga kurang maksimal,” kata Muhammad Rizki.

Menurutnya, potensi durian di Desa mereka sangat luar biasa, pasalnya banyak masyarakat yang memiliki kebun durian dan menjadi ciri khas Desa mereka. Sehingga mereka berinisiatif untuk kembali menggelar kegiatan ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, karena awalnya hanya kecil – kecilan. Semula mereka menduga minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini kurang, ternyata kebalikannya.

“Antusiasme warga kami sangat luar biasa dengan adanya event ini, dimana target kami ada sekitar tiga puluh stand, malah minat para peserta itu bisa dua kali lipatnya,” katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini bisa terselenggara kembali berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk PT Timah Tbk. Pihaknya mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mendukung kegiatan ini.

“Alhamdullilah, support dari berbagai pihak sudah sangat luar biasa, apalagi PT Timah dalam hal ini sangat luar biasa supportnya, karena dari sekian banyak donatur, PT Timah lah paling besar supportnya. Dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Air Mesu Fajri turut mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh PT Timah Tbk untuk masyarakatnya. Mereka juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya.

“Terima kasih PT Timah Tbk, telah berperan serta dalam kegiatan bazar durian di Desa kami.
Semoga kedepan PT Timah Tbk dapat terus mensupport kegiatan kami ini, karena ini merupakan langkah awal kami untuk mengubah keadaan, dimana dulunya kegiatan ini berupa sedekah durian menjadi bazar durian. Dan ini sangat luar biasa bagi kami. Mudah – mudahan kedepannya PT Timah terus peduli kepada kami,” harapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *